13 Januari 2022

Tips Membeli Mobil Bekas


Mobil sebagai moda transportasi darat sangat membantu mobilitas warga dalam melakukan berbagai aktifitas pekerjaan. Rutinitas dalam berkendara menjadi salah satu faktor untuk menentukan jenis mobil yang akan digunakan.

Mobil secara peruntukan ada yang dikelompokan menjadi mobil pribadi dan mobil transportasi umum. Mobil secara model dapat diklasifikasikan menjadi mobil SUV dan mobil MPV. Beberapa contoh jenis mobil yang sering ditemui di jalanan antara lain sedan, minibus, truk, bus, jeep, dan lain-lain.

Konsumen dihadapkan pada dua pilihan dalam membeli mobil, apakah membeli mobil baru atau mobil bekas. Pilihan tersebut sangat tergantung pada kondisi finansial pada saat itu. Bila konsumen memiliki keterbatasan finansial, bisa memilih untuk membeli mobil bekas yang masih layak pakai.

Berikut adalah tips membeli mobil bekas. Pastikan mobil bekas yang kamu pilih bisa menyala normal dan masih nyaman dipakai. Pastikan kelengkapan surat-surat seperti BPKB dan STNK mempunyai kecocokan nomor mesin dan nomor rangka. Harus paham harga pasaran mobil bekas tersebut dengan melihat di situs jual beli mobil bekas seperti OLX.

Bagi kamu yang masih ragu bisa menggunakan jasa montir untuk mengecek bagian-bagian mobil, apakah masih berfungsi normal dan nyaman dipakai. Semakin banyak bagian mobil yang masih berfungsi normal maka akan mempengaruhi harga pasaran yang cenderung tinggi.

Beberapa bagian utama mobil bekas yang harus kamu cek adalah kondisi mesin langsam halus, kaki-kaki masih enak, air radiator aman tidak overheat, handling stir masih oke, rem pakem, AC dingin, audio nyala, ban serep ada, dan kecocokan nomor mesin dan nomor rangka fisik dan surat-surat.

Demikian ulasan tips membeli mobil bekas. Hindari membeli mobil bekas yang tidak menyala normal atau dalam kondisi mati karena tingkat spekulasinya sangat tinggi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon