28 Oktober 2020

YouTuber Terkaya Dunia


Platform aplikasi berbagi konten video, YouTube semakin mengukuhkan posisinya sebagai platform aplikasi sumber penghasilan terbesar di dunia digital saat ini untuk kategori video. Banyak YouTuber yang tersebar di seluruh penjuru dunia bergantung pada platform ini untuk sumber mata pencahariannya.

Seperti diketahui, sumber pendapatan para kreator konten YouTube berasal dari iklan AdSense dan beberapa iklan di luar AdSense. Iklan AdSense dihitung berdasarkan berapa kali jumlah tayang halaman video dan jumlah klik iklan. Sedangkan, iklan dari luar AdSense biasanya berupa kolaborasi langsung dengan sang YouTuber dengan menyelipkan informasi suatu produk ke dalam konten video yang ditayangkan.

Namun, tidak semua Vlogger menggantungkan penghasilan dari YouTube, ada yang hanya sekadar menyalurkan hobi berbagi konten video informatif dan kreatif kepada publik. Hingga saat ini, YouTuber sudah banyak mencetak para kreator konten yang mempunyai penghasilan fantastis. Jumlah pendapatan para kreator konten YouTube bisa mencapai jutaan rupiah bahkan ada yang sampai miliaran rupiah dalam sebulan.

Sebagai ilustrasi saja, pengiklan membayar biaya per sekali tayang IDR100, biaya per seribu kali tayang IDR1.000, biaya per klik iklan sebesar IDR500 dan biaya iklan lainnya sesuai kebijakan YouTube, maka total penghasilan yang diterima YouTuber tinggal dikalikan saja biaya iklan di atas dengan jumlah video, jumlah viewer dan jumlah klik iklan dalam sebulan, jumlahnya tentu mencapai miliaran rupiah dalam sebulan.

Namun sayang, dari deretan YouTuber Terkaya Dunia saat ini tidak ada nama YouTuber asal Indonesia. YouTuber terkaya dunia saat ini dipegang oleh YouTuber asal luar negeri yaitu PewDiePie dan MrBeast. Parameter kekayaan YouTuber tersebut dapat dilihat dari jumlah subscriber, jumlah video yang dipublikasikan, dan perkiraan jumlah penghasilan yang diterima. Level YouTuber tersebut juga sudah meraih penghargaan level tertinggi YouTube yaitu Custom Play Button dan Diamond Play Button.

Sebenarnya jumlah subscriber terbanyak kedua dan ketiga dipegang oleh Justin Bieber (58 juta subscriber) dan BlackPink (52 juta subscriber). Namun, karena aktivitas utama mereka sebagai musisi, bukan sebagai content creator utama YouTube, maka dikesampingkan dari posisi YouTuber terkaya dunia.

PewDiePie merupakan pria kelahiran 1989 asal Swedia, menjadi YouTuber terkaya dunia saat ini. Jumlah subscriber YouTube PewDiePie sudah mencapai 107 juta subscriber merupakan jumlah subscriber terbanyak di dunia saat ini. Jumlah video yang sudah dipublikasikan mencapai 4.200 video hingga Oktober 2020. Sebagian besar konten video PewDiePie seputar dunia aksi, komedi, game, dan lain-lain. Perkiraan penghasilan YouTuber PewDiePie mencapai miliaran rupiah dalam sebulan.

MrBeast adalah pria yang berjiwa sosial tinggi kelahiran 1998 asal Kansas, Amerika Serikat. MrBeast memiliki jumlah subscriber terbanyak kedua setelah PewDiePie yang mencapai 45,4 juta subscriber. Jumlah total video yang sudah diupload ke publik mencapai 692 video hingga Oktober 2020. Sebagian besar konten video MrBeast seputar dunia aksi, eksperimen sosial filantropi, game, dan lain-lain. Perkiraan jumlah penghasilan yang diterima dalam sebulan mencapai miliaran rupiah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon