28 Oktober 2020

Ciri Radiator BMW Rusak

Sistem pendinginan air radiator atau cooling system pada mobil BMW berlaku prinsip vakum udara. Bila terjadi kebocoran atau masuknya udara palsu ke dalam cooling system, maka akan terjadi overheat atau panas mesin berlebih.

Cooling System pada mobil BMW terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Beberapa komponen tersebut antara lain radiator, kipas radiator, tabung reservoir penampung air, selang radiator, water pump, thermostat, water jacket, dan air radiator.

Radiator adalah salah satu komponen utama dalam cooling system yang berfungsi untuk mendinginkan air radiator. Air radiator yang sudah didinginkan akan dialirkan kembali menuju mesin agar suhu mesin menjadi normal sehingga proses pembakaran menjadi sempurna.

Adapun alur kerja sistem pendinginan air radiator atau cooling system pada mobil BMW antara lain saat mobil dinyalakan, air radiator yang berada di dalam mesin akan berdiam menunggu suhu mesin mulai panas. Setelah mesin panas, maka air radiator yang berada di dalam mesin akan dialirkan menggunakan water pump melewati thermostat yang membuka untuk kemudian menuju radiator untuk didinginkan.

Setelah air radiator didinginkan, maka thermostat akan menutup dan air radiator yang sudah dingin di radiator tadi akan dialirkan kembali menuju mesin melewati water jacket. Dan begitu seterusnya air radiator akan bolak balik melewati komponen yang sama secara berulang-ulang. Oleh karena itu, setiap komponen dalam cooling system harus dalam kondisi bagus dan normal.

Ciri radiator BMW rusak adalah air radiator akan berkurang secara drastis baik dalam waktu cepat maupun lambat tergantung tingkat kebocoran. Bila radiator BMW rusak, maka bisa berakibat pada mesin mengalami panas berlebih. Apalagi bila mobil dalam keadaan jalan, bisa mengakibatkan mogok secara tiba-tiba. Bila hal tersebut terjadi dalam intensitas yang sering, maka bukan tidak mungkin kepala silinder mesin bisa mengalami bengkok.

Oleh karena itu, segera servis radiator dengan cara membersihkan saluran pipa radiator. Apabila terjadi kebocoran ringan pada radiator maka bisa dilakukan penambalan. Namun, jika tingkat kerusakan radiator sudah sangat parah, maka radiator wajib diganti dengan yang baru agar cooling system dapat bekerja dengan baik.

Harga radiator BMW yang baru berkisar antara IDR2 juta sampai IDR3 juta tergantung merek yang dipilih. Cara mengganti radiator bisa dilakukan sendiri di rumah atau memanggil montir langganan. (Baca juga artikel Cara Bleeding Air Radiator Mobil BMW di Blog ini)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon