11 September 2020

Cara Menghitung CASA atau Current Account Saving Account


Rasio CASA atau Current Account Saving Account adalah perbandingan antara jumlah giro dan tabungan dengan jumlah total Dana Pihak Ketiga (DPK). Istilah CASA sering juga disebut dengan dana murah, karena bunga tabungan dan giro yang dibayarkan bank relatif lebih rendah daripada bunga deposito.

Rasio CASA atau rasio dana murah menggambarkan banyaknya dana yang tersedia pada sebuah bank untuk disalurkan dalam bentuk kredit sehingga suku bunga kredit menjadi lebih kompetitif dan tidak kemahalan. Di samping itu, rasio CASA juga menggambarkan tingkat kesehatan keuangan suatu bank. Perbankan nasional sangat fokus dalam menjaga rasio CASA di kisaran 50% sampai 60% dari Total Dana Pihak Ketiga (DPK) agar likuiditas perbankan selalu terjaga dan kuat.

Current Account adalah produk giro bank yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu, hanya media penarikan uangnya menggunakan cek dan bilyet. Bunga giro bank biasanya sangat rendah berkisar antara 0,5% sampai 2% per tahun. Total nominal giro di seluruh bank di Indonesia mencapai IDR1.588 triliun pada pertengahan tahun 2020.

Saving Account adalah produk tabungan bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat. Bunga tabungan bank biasanya sangat murah atau rendah berkisar antara 1% sampai 2% per tahun. Penarikan uang tunai tabungan bank bisa menggunakan mesin ATM dan langsung di kantor cabang bank terdekat. Total nominal tabungan di seluruh bank di Indonesia mencapai IDR1.982 triliun pada pertengahan tahun 2020.

Dana Pihak Ketiga adalah total simpanan dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito (deposito berjangka dan sertifikat deposito). Total simpanan dimaksud bisa dalam mata uang rupiah dan mata uang asing. Total nominal Dana Pihak Ketiga di seluruh bank di Indonesia sampai pertengahan tahun 2020 mencapai IDR6.260,4 triliun, dengan rincian IDR5.377,9 triliun dalam simpanan rupiah dan IDR882,4 triliun dalam simpanan valuta asing.

Dari contoh data giro, tabungan dan DPK tersebut di atas, dapat dihitung rasio CASA sebagai berikut:

                     Giro + Tabungan

CASA = __________________________ x 100%

               Total Dana Pihak Ketiga

                    IDR3.570 triliun

CASA = ________________________ x 100%

                  IDR6.260,4 triliun

CASA = 57%.

Dengan demikian, dapat diperoleh rasio CASA bank secara keseluruhan sebesar 57%. Artinya dana murah yang tersedia di bank jumlahnya banyak, sehingga bank lebih leluasa dalam menyalurkan kredit dan tingkat bunga kredit pun menjadi lebih kompetitif dan tidak kemahalan.

Untuk penghitungan CASA tiap bank, tinggal memasukkan saja data berupa jumlah giro, tabungan dan DPK di bank tersebut. Cara mendapat datanya bisa dilihat pada laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh bank yang bersangkutan. Maka, rasio CASA untuk setiap bank tertentu dapat dilakukan perhitungannya dengan mudah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon