13 Januari 2022

Cara Penyelesaian Komplain Transaksi Tokopedia


Belanja online sudah menjadi rutinitas masyarakat di era digital saat ini. Produk yang ditawarkan di berbagai platform marketplace dan ecommerce memberi banyak kemudahan, promo, dan berbagai keunggulan lainnya menjadikannya buruan banyak pembeli dari berbagai penjuru dunia.

Platform marketplace yang tersedia di pasaran antara lain Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, eBay, Alibaba, dan lain-lain. Transaksi online di berbagai platform marketplace tersebut berpotensi mengalami banyak komplain dari pembeli. Berbagai sebab komplain seperti kualitas produk yang rusak, kondisi produk tidak sesuai deskripsi, kesalahan pemrosesan order oleh penjual seperti produk tertukar, kurir keliru memasukkan nomor resi, dan lain sebagainya.

Apabila kamu melakukan transaksi online seperti belanja berbagai keperluan sehari-hari dan mengalami kendala seperti yang disebutkan di atas, maka kamu bisa melakukan komplain atas produk yang sudah kamu beli. Berikut akan diuraikan cara penyelesaian komplain transaksi Tokopedia. (Baca juga Panduan Belanja Online Bagi Pemula di Blog ini)

Agar bisa melakukan komplain atas produk yang dibeli, pastikan saat kamu belanja online, jangan mengklik tombol selesai terlebih dahulu sampai produk benar-benar kamu terima dan sudah sesuai order. Namun, bila produk yang kamu terima bermasalah, jangan dahulu menekan tombol Selesai. Segera ajukan komplain di pilihan menu yang sudah disediakan di bagian bawah aplikasi.

Cara penyelesaian komplain transaksi Tokopedia cukup mudah. Pertama, kamu harus mendokumentasikan dahulu produk yang kamu terima dalam format foto atau video. Kemudian pada menu komplain, klik tombol pengajuan pengembalian barang dan dana. Lalu, upload video atau foto produk yang bermasalah tadi pada baris form komplain yang disediakan di aplikasi Tokopedia (terkadang pembeli diminta untuk mengunggah video di channel YouTube pribadi konsumen sebagai bukti lampiran komplain).

Kedua, pembeli harus menunggu persetujuan dari penjual atas pengajuan komplain yang diajukan. Apabila disetujui oleh penjual, maka kamu bisa langsung retur atau mengirim balik produk tersebut ke alamat penjual yang tertera di menu komplain, dan dana akan dikembalikan ke kamu bila produk sudah diterima penjual. Namun, apabila penjual menolak komplain maka masalah selanjutnya akan diselesaikan di Pusat Resolusi.

Pusat Resolusi merupakan wadah atau forum bagi pembeli dan penjual berdiskusi mengenai solusi atas produk yang bermasalah tadi dengan dibantu admin moderator dari pihak Tokopedia. Cepat atau lambatnya penyelesaian komplain transaksi Tokopedia tergantung tingkat kerumitan dan kerja sama para pihak. Semakin mudah dan kooperatif para pihak, maka masalah akan cepat selesai, dan begitu sebaliknya. Durasi waktu penyelesaian komplain di Pusat Resolusi maksimal 3 hari kerja.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon