13 Januari 2022

Bisnis Restorasi Mobil Tua


Peluang usaha yang satu ini memang tak lekang oleh waktu karena barang yang dijadikan jual beli ini memang sudah berumur tua. Ya, bisnis restorasi mobil tua menjadi salah satu alternatif bisnis yang perlu kamu coba. Apalagi kalau bisnis ini didukung oleh hobi otak atik mobil menjadi keunggulan tersendiri.

Bisnis restorasi mobil tua masih terbilang jarang. Di samping membutuhkan modal yang cukup banyak, bisnis ini juga butuh ketekunan, ketelitian dan kesabaran. Karena memang restorasi merupakan kegiatan bangun ulang mobil, mulai dari proses penyempurnaan sasis body, perbaikan, pengecatan, pembelian spare part, dan tahapan lainnya.

Bisnis restorasi mobil tua bisa dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu restorasi total dan restorasi modifikasi. Restorasi total bertujuan menghasilkan mobil menjadi benar-benar baru seperti bentuk standar asli bawaan pabrik. Sedangkan, restorasi modifikasi bertujuan menghasilkan mobil yang berbeda dari bentuk standar aslinya. Nah, kamu bebas bisa pilih bisnis restorasi jenis mana yang sesuai dengan selera dan bujet modal.

Sebagai gambaran, bisnis restorasi mobil tua minimal harus mempunyai sebuah gedung bengkel, karyawan montir, komputer, perkakas bengkel seperti kunci-kunci, alat dongkrak, mesin kompresor, alat scanner, alat katrol, alat cat dan poles, mesin las, dan lain-lain. Di samping itu, bisnis restorasi mobil tua merupakan salah satu bisnis yang membutuhkan waktu proses pengerjaan cukup lama sampai berbulan-bulan bahkan tahunan.

Selanjutnya kamu perlu melakukan segmentasi mobil tua jenis apa yang akan dikerjakan. Soalnya jenis mobil ada banyak seperti sedan, minibus, pick up, truk, dan lain-lain. Bila memutuskan untuk menggarap semua jenis mobil, pertimbangkan ukuran bengkel apakah memadai atau tidak. Bila lahan bengkel tidak terlalu luas, mungkin kamu perlu membatasi tipe mobil yang akan direstorasi.

Model bisnis restorasi mobil tua di sini adalah model bisnis yang mengerjakan mobil orang lain sesuai request konsumen dan juga bisa mengerjakan unit mobil sendiri. Bila mobil yang direstorasi adalah mobil milik sendiri, maka mobil yang sudah selesai direstorasi akan dijual dengan harga bervariasi. Perbedaan hanya pada modal pengadaan unit mobil bahan. Sedangkan, biaya restorasi ditetapkan sama baik untuk mobil orang lain maupun untuk mobil sendiri.

Demikian ulasan bisnis restorasi mobil tua. Semoga bisa sedikit menambah wawasan kamu dalam membangun sebuah bisnis bengkel restorasi mobil tua. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon