24 Maret 2021

Toko Online Ya Online Aja


Era serba terkoneksi internet memudahkan sekaligus mempercepat proses transaksi dari yang bisa berjam-jam hanya bisa selesai dalam hitungan detik. Platform Marketplace dan Ecommerce adalah beberapa contoh solusi atas permasalahan yang kerap muncul dalam model bisnis konvensional.

Menjamurnya platform aplikasi marketplace dan ecommerce makin memanjakan konsumen dengan beragam layanan yang melekat padanya, mulai dari gratis ongkos kirim, diskon, pengiriman cepat dan kemudahan dalam pembayaran seperti Cash On Delivery (COD).

Ada jutaan penjual yang terlibat aktif di platform aplikasi marketplace dan ecommmerce seluruh dunia. Sebut saja Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Amazon, Alibaba, dan masih banyak lagi. Sebegitu kuatnya magnet platform digital memaksa para pedagang untuk beralih dari model bisnis lama ke model baru.

Komitmen bergabung dalam platform aplikasi digital apapun harus diikuti dengan totalitas tindakan nyata. Bila hanya sekadar latah tanpa memahami esensi bisnis online akan menjadi sia-sia belaka. Toko online ya harus online. Walaupun ada pelayanan penjualan secara offline jangan dicampuradukkan dengan yang online.

Toko online harus memiliki mindset yang berbeda dari pola pikir model bisnis konvensional. Mulai dari kesiapsiagaan melayani chat pembeli sebelum order barang, status toko yang selalu update produk dan harga, pemrosesan transaksi yang cepat sampai ke tangan kurir, penggunaan sistem pembayaran digital dan lain-lain.

Mindset lama seperti online kalau pas lagi tidak sibuk atau pas lagi ada kuota internet, memproses pesanan pembeli nanti saja sekalian kalau order sudah banyak, cuaca tidak mendukung jadi tunda dulu pengiriman barang, dan masih banyak lagi. Dengan menanggalkan mindset lama dan memakai mindset baru secara total memudahkan usaha Anda berkembang secara cepat di era serba otomatis dan elektronik. Toko online ya online aja.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon