09 Februari 2021

Tahapan Transaksi COD Tokopedia


Kebiasaan baru konsumen tanah air berbelanja secara online telah mematahkan kebiasaan lama yang berbelanja harus ke pasar konvensional secara fisik. Belanja online di dunia maya yang seolah-olah hanya khayalan belaka di masa lampau, sekarang sudah bukan lagi karangan cerita yang menghiasi beranda.

Platform Marketplace seperti Tokopedia hadir sebagai jawaban atas perubahan zaman yang ditandai dengan beragam disrupsi. Konsumen tak perlu susah payah lagi mendatangi pasar atau toko fisik satu per satu untuk mencari barang kebutuhan karena dengan satu genggaman ponsel pintar dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginan jutaan bahkan miliaran konsumen di seluruh dunia.

Jenis transaksi yang disediakan pada Marketplace Tokopedia bisa berbentuk rekening bersama atau bisa juga dalam wujud Cash On Delivery (COD). Khusus untuk transaksi COD, hanya sebagian ekspedisi yang sudah kerja sama dengan Marketplace seperti JNT Express, SiCepat dan lain-lain.

Tokopedia sendiri menyediakan layanan transaksi COD kepada konsumen yang pengaturannya ditentukan oleh Penjual lewat aplikasi Tokopedia Seller. Tahapan transaksi COD Tokopedia meliputi antara lain pembeli melakukan transaksi pembelian seperti biasa, lalu memilih metode pembayaran COD.

Apabila metode pembayaran yang digunakan COD, maka jumlah uang yang terdiri dari harga barang dan ongkos kirim akan dibayarkan pembeli melalui kurir pada saat barang sampai di tempat pembeli. Cara pembayaran ke kurir pun bisa dilakukan secara cash maupun mobile banking. Uang yang sudah dibayarkan ke kurir selanjutnya akan disetor ke admin ekspedisi yang bersangkutan.

Sudah jelas kan sekarang tahapan transaksi COD Tokopedia. Semoga para konsumen Tokopedia sudah mulai paham mengenai transaksi COD di Marketplace Tokopedia dan semakin menambah pilihan metode pembayaran yang nyaman dan aman. Oke, happy shopping ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon