05 Februari 2021

Perbedaan Platform Marketplace dan Ecommerce


Era digital sudah menghiasi dunia dengan beragam dinamika yang melingkupinya. Belanja salah satunya, pergeseran gaya hidup dari cara belanja konvensional ke cara digital menjadi daya tarik utama bagi masyarakat untuk menunjukkan eksistensi guna meraih layanan akan kenyamanan, keamanan dan kecepatan.

Jutaan pedagang dan jutaan pembeli dari seluruh dunia bertemu secara online melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Platform menjadi jembatan atau media yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai belahan dunia.

Platform yang dikenal menjadi alat untuk mempertemukan beragam kebutuhan konsumen dengan berbagai produk atau jasa yang tersedia dipasaran adalah Marketplace dan Ecommerce. Sekilas kedua platform tersebut mirip tapi sebenarnya mempunyai model dan mekanisme transaksi yang berbeda.

Platform Marketplace adalah platform berbasis aplikasi android dan website yang menyediakan tempat bagi banyak penjual untuk menawarkan barang dagangan secara online kepada jutaan pembeli di seluruh dunia. Beberapa contoh Platform Marketplace yang terkenal antara lain Alibaba, Amazon, Tokopedia dan Shopee.

Platform Ecommerce adalah platform berbasis aplikasi android dan website yang hanya digunakan oleh satu penjual atau perusahaan untuk menawarkan beragam barang dagangan kepada jutaan pembeli di dunia. Beberapa contoh Platform Ecommerce antara lain klikindomaret, My Superindo, dan Klik Indogrosir.

Perbedaan antara Platform Marketplace dan Platform Ecommerce sangat kentara terletak pada kuantitas penjual dan mekanisme transaksi. Jumlah penjual di platform Marketplace sangat banyak bisa mencapai jutaan penjual atau pedagang. Sedangkan, jumlah penjual pada platform Ecommerce hanya satu yaitu perusahaan itu sendiri.

Untuk mekanisme transaksi pada kedua platform juga berbeda. Transaksi pada platform Marketplace dilakukan satu per satu yang mana checkout pembayaran beserta ongkir yang dibebankan kepada pembeli juga menjadi berkali-kali dilakukan. Berbeda dengan mekanisme transaksi pada platform Ecommerce yang mana pembeli bisa membeli berbagai macam barang secara sekaligus hanya dalam satu keranjang sekali transaksi berupa proses checkout, pembayaran beserta kurir hanya dilakukan satu kali saja.

Sementara untuk jenis barang, layanan dan sistem pembayaran serta kurir yang digunakan dalam transaksi kurang lebih sama antara platform Marketplace dan platform Ecommerce. Nah, sudah mulai paham kan perbedaan antara Platform Marketplace dan Platform Ecommerce.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon