14 Januari 2021

Cara Belanja Online Bagi Pemula


Jutaan penjual dan pembeli bertransaksi tanpa bertatap muka lazimnya sebuah pasar konvensional melalui platform marketplace digital. Sebut saja Tokopedia, Shopee, Alibaba, Amazon, dan lain-lain. Sebagai seorang konsumen yang lahir dan dibesarkan di era internet sudah semestinya paham tata cara belanja online.

Sebagai konsumen pengguna platform aplikasi tentu ada beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak keliru dalam melakukan transaksi secara online. Berikut akan dieksplorasi cara belanja online bagi pemula agar semakin memudahkan mereka dalam memanfaatkan sisi positif perdagangan elektronik.

Cara belanja online bagi pemula akan diuraikan dalam 3 tahapan meliputi tahapan pemilihan platform marketplace, tahapan pendaftaran akun marketplace, dan tahapan belanja. Ketiga tahapan tersebut akan menggambarkan langkah-langkah atau panduan yang benar bagi seorang konsumen pengguna platform marketplace online.

Tahapan pertama adalah pemilihan platform marketplace digital yang akan digunakan untuk bertransaksi belanja. Anda tentu sudah memikirkan produk apa yang ingin dibeli, setelah itu perlu menentukan platform marketplace yang menyediakan atau menjual produk yang Anda cari. Ada beberapa marketplace yang bisa dicoba antara lain Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Amazon, eBay, Alibaba, dan lain-lain.

Tahapan kedua adalah melakukan pendaftaran akun di platform marketplace yang sudah Anda tentukan. Proses pendaftara terbilang mudah, Anda hanya tinggal memilih menu mendaftar atau register sebagai pembeli di platform marketplace yang bersangkutan. Biasanya form isian yang diminta adalah nama, alamat, email, nomor rekening bank, dompet digital yang dimiliki dan nomor ponsel.

Tahapan ketiga adalah belanja online. Setelah menentukan platform marketplace dan sudah memiliki akun di marketplace yang dipilih, Anda sudah bisa berbelanja online. Harap diperhatikan bahwa dalam transaksi belanja ada urutan yang mesti dilalui meliputi pembelian, pengiriman barang dan konfirmasi terima barang (selesai). Bila sedang memesan barang, jangan menekan menu Selesai dahulu sebelum barang benar-benar diterima dalam kondisi baik dan sesuai pesanan. Karena jika barang yang diterima tidak sesuai deskripsi atau rusak, maka Anda bisa melakukan komplain tanpa kehilangan uang Anda.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon