01 Januari 2021

Cara Klaim Ongkir Pengembalian Tokopedia


Belanja di era digital semakin mudah, nyaman, dan cepat. Beragam kebutuhan konsumen dapat dengan mudah dipenuhi melalui platform marketplace online dan situs ecommerce. Salah satu perusahaan rintisan marketplace online terkemuka tanah air yang sudah melakukannya adalah Tokopedia.

Sayangnya, pengalaman belanja online tidak selalu menyenangkan. Anda tentu pernah punya pengalaman belanja online yang kurang menyenangkan, misalnya belanja barang yang tidak sesuai deskripsi penjual. Bila konsumen mengalami kejadian tersebut, yang perlu dilakukan adalah komplain.

Cara komplain yang berlaku di marketplace Tokopedia pun terbilang mudah, karena secara sistem keamanan dan kenyamanan konsumen sangat dilindungi. Bila barang yang diterima pembeli sebagai konsumen tidak sesuai deskripsi toko penjual, maka pembeli jangan dulu menekan tombol selesai. Pilihlah menu komplain yang terdapat di halaman pengajuan pengembalian barang dan dana aplikasi Tokopedia.

Proses pengajuan komplain seperti biasa konsumen mengisi formulir halaman komplain berupa alasan pengajuan komplain. Setelah alasan pengajuan komplain dikemukakan, maka konsumen harus mengupload foto barang yang dikomplain. Lalu konsumen menunggu konfirmasi dari penjual untuk diproses lebih lanjut. 

Setelah terkonfirmasi oleh penjual, maka pembeli harus mengkonfirmasi nomor resi pengiriman balik atau pengembalian (retur) barang dan mengunggah foto barang yang dikembalikan. Untuk biaya ongkos kirim (ongkir) pengembalian barang dibayar cash terlebih dahulu oleh pembeli di konter ekspedisi yang sudah dipilih.

Nah, biaya ongkir pengembalian barang di Tokopedia bisa diklaim dengan cara memilih menu pengajuan klaim ongkir. Pada halaman klaim ongkir, pembeli harus mengunggah foto KTP asli. Pencairan klaim ongkir akan dilakukan setelah penjual menerima barang yang dikembalikan oleh pembeli. Dana klaim ongkir akan ditransfer oleh pihak Tokopedia ke rekening pembeli yang tercatat di sistem Tokopedia.

Sudah paham kan cara klaim ongkir pengembalian barang di Tokopedia. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi para konsumen pengguna Tokopedia dan semakin mendewasakan semua pihak dalam proses berbelanja online.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon