18 November 2020

Cara Memulai Bisnis Tanpa Utang


Pemahaman selama ini jika ingin berusaha harus mempersiapkan modal dalam jumlah besar. Dan mau tidak mau pelaku usaha harus berutang terlebih dahulu untuk menyiapkan dana buat modal usaha. Namun, pemahaman tersebut tidaklah seratus persen benar, karena banyak cara memulai bisnis tanpa utang.

Ide usaha apa pun yang ingin digeluti memang harus mempunyai dana, tetapi tidak harus berutang. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain menabung, mencari partner investor, memulai bisnis dari kecil-kecil, dan memilih usaha dropship.

Menabung adalah pilihan yang paling wajar untuk mengumpulkan dana buat modal usaha. Untuk bisa menabung tentu harus mempunyai penghasilan. Cara mendapat penghasilan bisa dilakukan dengan bekerja ikut orang lain di berbagai macam posisi. Dengan begitu, seseorang yang bercita-cita ingin mempunyai sebuah usaha bisa mewujudkannya dengan menabung sedikit demi sedikit sampai terkumpul dana yang dibutuhkan buat modal usaha.

Selain menabung, ada alternatif lain yang bisa dimanfaatkan yaitu mencari partner investor. Partner investor diajak menanamkan dananya pada bisnis yang ingin digeluti dengan terlebih dahulu mencapai kesepakatan tentang pengembalian modal dan pembagian keuntungan dalam model pembagian secara persentase. 

Misalnya dalam beberapa tahun ke depan, bagian keuntungan untuk partner bisnis ditetapkan lebih besar sampai modal yang ditanamkan terlunasi, baru kemudian pembagian keuntungan bisa diatur kembali secara proporsional. Contoh dalam 4 tahun pertama, partner bisnis atau investor akan mendapat bagian keuntungan 80% per bulan selama 4 tahun pertama. Jika dalam 4 tahun modal investor sudah kembali, maka pembagian keuntungan bisa diatur sesuai kesepakatan di awal, misalnya investor hanya mendapat 30% pembagian keuntungan.

Pilihan lain yang bisa pelaku usaha coba adalah memulai bisnis dari yang kecil-kecil atau sedikit-sedikit dahulu. Misalnya, seseorang ingin membuka usaha toko akuarium, maka bisa dilakukan dengab membuat 1 buah akuarium kecil dahulu. Setelah akuarium jadi, dan laku terjual maka hasil penjualan dan keuntungan digunakan kembali untuk membuat 2 buah akuarium, dan begitu seterusnya. Pada prinsipnya sama dengan jenis usaha lainnya.

Jenis usaha tanpa modal yang bisa dipilih adalah bisnis dropship. Seseorang tinggal mencari cara untuk menjual atau memasarkan produk dropship tersebut. Bisnis dropship tentu harus dengan pihak yang mau diajak bekerja sama karena tidak semua pengusaha atau pedagang yang bisa diajak bekerja sama.

Sebagai contoh, bisnis dropship pakaian. Jika seseorang sudah menemukan pemasok atau produsen pakaian jadi, maka hanya tinggal mencari cara untuk menjualnya pada harga yang sudah disepakati bersama. Cara memasarkan produk dropship bisa dilakukan secara online dan offline door to door. Pemasaran secara online dengan cara membuka toko online di situs marketplace, membuat situs ecommerce sendiri, dan beragam cara lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara memulai bisnis tanpa utang. Semoga bisa menambah wawasan bagi yang ingin memulai bisnis dengan keterbatasan finansial. Selalu ingat bahwa dalam sebuah bisnis dibutuhkan perencanaan dan tindakan nyata, karena jika hanya rencana tanpa aksi nyata akan menjadi sia-sia belaka.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon