05 Oktober 2020

Mengenali Ciri Pompa Bensin Mobil BMW Rusak


Mobil konvensional masih menggunakan bensin sebagai bahan bakar utamanya. Berbeda dengan mobil zaman sekarang dan masa depan yang sudah mulai mengusung konsep mobil listrik.

Mobil lansiran pabrikan Jerman merek BMW sudah memproduksi jutaan unit mobil berbahan bakar bensin di seluruh dunia selama ini. Tak pelak sumber daya atau power supply sangat tergantung dengan bensin sebagai bahan bakar utama.

Dalam mobil bensin banyak komponen spare part yang harus diperhatikan agar sistem pengisian bahan bakar mobil BMW bekerja optimal. Mulai dari spare part penampung bensin, penyalur bensin, penyaring bensin hingga penyemprot bensin.

Adapun komponen spare part yang bekerja dalam sistem penyaluran atau pengisian bahan bakar pada mobil bensin antara lain tangki bensin, pompa bensin, filter bensin, injektor, selang bensin, sensor AFR, dan fuel rail. Kerusakan pada salah satu komponen tersebut di atas dapat mengganggu kerja pengisian bahan bakar menuju mesin.

Salah satu komponen onderdil yang paling sering mengalami kerusakan pada mobil bensin adalah pompa bensin. Pompa bensin adalah komponen yang bekerja untuk memompa bensin agar mengalir dari tangki menuju ruang bakar mesin. Sebagai pemakai mobil BMW setidaknya perlu mengenali ciri pompa bensin mobil BMW rusak.

Letak pompa bensin pada mobil BMW biasanya di bawah jok belakang dan di dalam bagasi belakang. Letaknya selalu berdekatan dengan tangki penampung bensin. Untuk melepas pompa bensin bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa mekanik mobil khusus BMW.

Beberapa ciri pompa bensin mobil BMW rusak antara lain mobil pada saat distater tidak bisa nyala, mobil bisa nyala dan jalan tapi tiba-tiba mogok. Untuk mengetahui pompa bensin mobil BMW rusak bisa dilakukan dengan cara mencopot selang bensin di area mesin, lalu nyalakan mobil. Bila bensin mengucur deras berarti pompa bensin masih berfungsi normal. Namun, bila bensin tidak muncul di ujung selang bensin yang dicopot tadi, berarti pompa bensin sudah rusak.

Bila mobil BMW Anda mengalami masalah pompa bensin sudah rusak, segera ganti dengan yang baru. Komponen yang diganti bisa satu set pompa bensin atau cukup motor pompa bensinnya saja. Harga pompa bensin mobil BMW satu set berkisar antara IDR2 juta sampai IDR3 juta. Namun, untuk motor pompa bensin berkisar antara IDR750 ribu sampai IDR1,5 juta.

Dengan mengenali ciri pompa bensin mobil BMW rusak bisa membantu mendiagnosis penyebab masalah pada mobil. Dengan begitu bisa menghindari biaya perbaikan yang tidak perlu dan pada gilirannya dapat menghemat uang untuk biaya servis mobil.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon