05 Oktober 2020

Cara Merawat Mobil BMW


Para pemakai mobil BMW sudah dimanjakan dengan fitur kenyamanan dan keselamatan yang melekat di dalamnya. Tak heran bila mobil BMW juga butuh dimanja dengan treatment atau perawatan dari pemiliknya.

Pabrikan mobil asal Jerman sudah merilis beragam varian dan seri BMW seperti yang dilihat di pasaran dan di jalanan misalnya jenis Sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV). Bila memiliki salah satu dari varian dan seri BMW tersebut, Anda perlu tahu cara merawat mobil BMW.

Cara merawat mobil BMW tidak jauh beda dengan cara merawat harta benda lainnya. Hanya karena mobil adalah benda bergerak, maka butuh perawatan ekstra. Cara merawat mobil BMW dimulai dari tempat garasi yang teduh, servis rutin, mencuci mobil secara berkala, dan cara pemakaian.

Garasi mobil yang teduh, tidak terkena langsung sinar matahari dan hujan menjadi prasyarat agar mobil BMW awet dan mulus. Garasi mobil bisa di rumah, tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya.

Servis rutin adalah servis yang dilakukan secara berkala, misalnya tiap 3 bulan sekali atau menyesuaikan waktu jarak tempuh kilometer mobil BMW. Servis rutin bisa dilakukan di bengkel khusus BMW atau bisa juga dengan memanggil montir khusus BMW ke rumah. Di samping servis rutin, ada juga servis insidentil yaitu servis yang dilakukan sewaktu-waktu jika muncul masalah tak terduga, misalnya tabung radiator tiba-tiba pecah, freon AC habis, dan lain-lain.

Servis rutin meliputi servis oli, busi dan ruang bakar mesin, kaki-kaki mobil, ban, sistem kemudi, suspensi, AC, dan lain-lain. Perkiraan biaya servis rutin mobil BMW berkisar antara IDR1 juta sampai IDR3 juta (tergantung bengkel yang dipilih).

Servis oli meliputi penggantian oli mesin, oli power steering, oli transmisi, dan minyak rem. Untuk takaran masing-masing oli disesuaikan dengan kapasitas unit mobil BMW yang bersangkutan, karena tiap seri berbeda-beda kapasitasnya.

Servis busi dan ruang bakar meliputi pembersihan atau penggantian busi, pembersihan ruang bakar mesin, dan pembersihan injektor. Busi akan lebih bagus diganti tiap 6 bulan sekali jika pemakaian mobil harian. Pembersihan ruang bakar dan injektor untuk mengembalikan performa mesin menjadi prima.

Servis kaki-kaki mobil meliputi tierod dan long tierod, bushing arm, link stabil, karet kopel, dan lain lain. Servis menyesuaikan dengan kondisi kaki-kaki mobil BMW. Bila sudah parah atau rusak wajib diganti dengan sparepart yang baru.

Servis ban meliputi penggantian ban dalam dan atau ban tubeless. Ukuran ban harus diperhatikan, jangan sampai antara ban depan dan belakang atau ban kiri dan kanan berbeda ukuran baik lebar maupun tinggi ban.

Servis sistem kemudi meliputi Power Steering (PS) dan Handling. Servis power steering seperti penggantian oli PS, penggantian selang high press, penggantian seal pompa PS, dan lain-lain. Untuk handling menyesuaikan dengan keinginan pemakai seperti jarak bebas stir.

Servis suspensi meliputi perbaikan atau penggantian shock dan support shock. Shock dan support shock merupakan dua komponen yang harus diganti secara bersama-sama.

Servis Air Conditioning (AC) meliputi pembersihan filter AC, pembersihan evaporator, Freon AC, kompresor AC dan blower AC. Bila AC normal, maka freon AC akan stabil dan tidak berkurang.

Mencuci mobil BMW secara berkala, misalnya sebulan sekali sangat dianjurkan. Karena debu dan kotoran yang menempel lama di body mobil bisa mengakibatkan cat cepat kusam dan komponen yang terbuat dari besi akan mengalami korosi dan mudah berkarat.

Cara pemakaian mobil BMW sangat penting untuk diperhatikan karena usia komponen onderdil mobil BMW juga tergantung cara pemakaian mobil. Cara pemakaian mobil BMW yang dimaksud seperti cara menggunakan transmisi manual dengan baik dan benar, suka ngebut di jalanan, AC jarang dimatikan saat mobil dalam kondisi mati, menyalakan audio saat mobil tidak nyala, suka membelokkan stir kemudi saat mobil terparkir, oli mesin jarang diganti, dan masih banyak lagi.

Dengan rajin merawat mobil BMW, maka Anda dapat menghemat uang dari biaya perbaikan yang tidak perlu. Demikian informasi cara merawat mobil BMW, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon