06 Oktober 2020

Cara Membersihkan Idle Up AC BMW E34


Dalam sistem Air Conditioning (AC) mobil BMW terdapat komponen yang dikenal dengan nama Idle Up atau ICV. Komponen Idle Up AC pada mobil BMW seri E34 berfungsi untuk menambah volume udara yang masuk ke ruang bakar agar kondisi mesin tidak drop saat AC dinyalakan.

Salah satu indikator Idle Up AC tidak berfungsi adalah pada saat AC pertama kali dinyalakan maka RPM mobil akan drop ke bawah dan bahkan cenderung mau mati. Bila mobil BMW E34 Anda mengalami hal tersebut, segera servis dan jika sudah rusak maka perlu dilakukan penggantian dengan sparepart yang baru.

Harga Idle Up AC BMW E34 berkisar antara IDR600 ribu sampai IDR1 juta tergantung merek yang dipilih. Sedangkan, biaya servis berupa pembersihan Idle Up AC Cuma sekitar IDR250 ribu.

Bagi pemakai mobil BMW yang ada waktu buat servis mobil BMW bisa melakukan sendiri di rumah (Do It Yourself). Cara membersihkan Idle Up AC BMW E34 cukup mudah. Pertama, persiapkan Carbon Cleaner. Kedua, copot Idle Up AC yang menempel pada belalai filter udara BMW E34.

Lalu bersihkan Idle Up AC dengan cara menyemprotkan carbon cleaner ke dalam lubang Idle Up AC secara berulang sampai kotoran kerak karbon atau oli berwarna hitam yang menempel di dalam Idle Up bersih tanpa sisa. Setelah itu, Idle Up digoyang-goyang sampai muncul suara kletek kletek. Jika terdengar suara tersebut dan kotoran kerak karbon sudah hilang berarti proses pembersihan Idle Up AC sudah selesai.

Dengan mengetahui cara membersihkan Idle Up AC BMW E34, maka Anda bisa menghemat uang dari pengeluaran yang tidak perlu. Idle up AC yang bersih terlihat dari naiknya RPM saat AC dinyalakan. Demikian informasi singkat cara membersihkan Idle Up AC BMW E34, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon