06 Oktober 2020

Cara Mengganti AS Roda BMW E34


Salah satu mobil BMW seri 5 yang sudah berumur tua adalah BMW E34. Mobil BMW seri ini menjadi salah satu mobil klasik yang digandrungi di seluruh dunia. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya komunitas BMW E34 yang eksis di berbagai belahan dunia seperti Jerman, Rusia, Kazakhstan, Indonesia, dan masih banyak lagi.

Mobil BMW E34 menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD) seperti pada mobil BMW seri lainnya. Dengan demikian posisi komponen AS Roda BMW E34 juga terletak di bagian belakang bawah sebelah kanan dan kiri.

Komponen AS Roda bekerja untuk memutar roda belakang sesuai perintah dari sistem transmisi berpenggerak roda belakang. Bila AS Roda masih bekerja normal maka tidak terdengar bunyi “aneh” dari belakang bawah mobil.

Salah satu ciri AS Roda BMW E34 rusak dapat dikenali dari suara entakkan yang muncul dari bagian belakang bawah mobil. Suara atau bunyi entakkan muncul pada saat perpindahan gigi atau pada saat pengereman.

Cara lain bisa dilakukan dengan memutar-mutar roda belakang dengan posisi didongkrak. Bila saat diputar ke kanan dan kiri secara berulang terasa ada jarak bebas atau speleng atau oblak yang menyebabkan suara entakkan maka bisa dipastikan AS Roda butuh penggantian.

Komponen AS Roda bila rusak tidak bisa diservis, melainkan harus diganti dengan komponen yang baru. Harga AS Roda BMW E34 berkisar antara IDR1 juta sampai IDR3 juta per buah. Disarankan mengganti AS Roda dengan part yang baru karena part bekas pakai juga sudah termakan usia dan sudah tidak prima.

Cara mengganti AS Roda BMW E34 dapat dilakukan dengan langkah berikut ini. Pertama, dongkrak bagian belakang mobil, dan siapkan jackstand untuk menyangga body belakang mobil Kedua, lepaskan roda di bagian AS Roda yang hendak diganti. Ketiga, lepaskan AS Roda menggunakan kunci bintang. Ada 6 baut di sisi dalam dan ada 6 baut lagi di sisi luar, jadi total ada 12 baut AS Roda. Keempat, bila semua baut AS Roda sudah dilepas, maka ketok AS Roda pakai palu sampai terlepas.

Dengan mengetahui cara mengganti AS Roda BMW E34, maka bisa meminimalkan biaya perbaikan mobil BMW Anda. Namun bila merasa kurang yakin, Anda bisa menyervis ke bengkel khusus BMW. Demikian informasi cara mengganti AS Roda BMW E34, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon