06 Oktober 2020

Mengenal Beragam Sensor Mobil BMW

Kecanggihan, Kenyamanan dan Keamanan menjadi fitur utama yang melekat pada mobil BMW segala jenis dan seri. Guna menunjang berbagai fitur utama tersebut, pabrikan asal Jerman tersebut sudah menyematkan beragam sensor pada kendaraan jenis sedan maupun SUV lansirannya.

Beragam sensor mobil BMW terdiri dari Sensor ABS (Anti-lock Brake System), Sensor Oksigen, Sensor Camshaft, Sensor Crankshaft, Sensor Suhu Mesin, Sensor Air Radiator, Sensor Airmass (Mass Air Flow), Sensor Oli Mesin, Sensor Brake Pad, dan masih banyak lagi. Berikut akan diurai satu per satu beragam sensor mobil BMW tersebut.

Sensor ABS merupakan sensor yang bertugas membaca sistem pengereman roda mobil BMW apabila terjadi pengereman mendadak maka sensor ABS akan menyala secara otomatis. Sensor ABS berguna agar pada saat pengereman mobil tidak mengalami selip atau terbalik. Letak sensor ABS berada pada setiap roda mobil BMW.

Sensor Oksigen merupakan sensor untuk membaca derajat suhu udara luar. Sensor oksigen terletak di bagian bemper depan mobil BMW.

Sensor Camshaft merupakan sensor yang bertugas mengatur timing pengapian busi dan pengabutan injektor. Sensor Camsaft terletak di bagian atas mesin. Bila sensor ini rusak biasanya mobil susah hidup.

Sensor Cranksaft merupakan sensor yang bertugas membaca kecepatan dan putaran crank mesin. Sensor Crankshaft terletak persis di dekat pulley crank mesin. Bila sensor ini rusak biasanya mobil susah nyala.

Sensor Suhu Mesin merupakan sensor untuk membaca tingkat suhu mesin. Sensor akan memberitahukan ke pengemudi suhu awal saat mesin dinyalakan. Angka sensor suhu mesin akan berubah mengikuti kondisi panas mesin. Sensor suhu mesin terletak di area mesin.

Sensor Air Radiator merupakan sensor untuk membaca level air radiator. Jika air radiator berkurang maka sensor akan memberitahu pengemudi lewat layar speedometer. Sensor air radiator terletak di tabung radiator dan saluran pipa air radiator.

Sensor Airmass (Mass Air Flow Meter) merupakan sensor untuk membaca dan mengatur jumlah volume udara yang masuk ke ruang mesin. Bila Sensor Airmass rusak maka mobil akan menjadi pincang saat stasioner dan gas buang terasa perih di mata. Sensor Airmass terletak jadi satu dengan belalai filter udara.

Sensor Oil Level merupakan sensor untuk membaca level oli mesin. Jika level oli mesin berkurang maka sensor akan menyala yang terlihat di layar speedometer. Letak sensor oli mesin berada di bagian bawah mesin.

Sensor Brake Pad merupakan sensor untuk membaca tingkat ketebalan kampas rem. Jika kampas rem mau habis maka sensor akan menyala di layar speedometer. Segera ganti kampas rem jika sensor menyala. Letak Brake Pad Sensor menempel pada rumah Brake Pad di setiap roda mobil.

Masih banyak sensor lainnya yang tersemat di dalam mobil BMW. Namun, secara umum sensor yang sering mengalami kerusakan atau yang paling sering bersentuhan langsung dengan pengemudi adalah beberapa sensor seperti yang telah diuraikan di atas. Semoga informasi beragam sensor mobil BMW yang disajikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengemudi dalam berkendara.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon