24 September 2020

Cara Promosi Media Gathering


Konsumen dalam satu waktu tak serta merta tahu akan keberadaan produk atau jasa perusahaan tanpa melakukan promosi. Kesan selama ini, anggaran promosi itu sangat banyak, apalagi bagi perusahaan yang masih terbilang baru beroperasi dengan segala keterbatasan finansial yang dimiliki menjadi terasa berat. Tapi, tak sedikit pula perusahaan rintisan yang mau melakukan “bakar uang” hanya untuk mempromosikan produk dan jasanya kepada calon konsumen.

Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara promosi yang bisa dipilih tanpa membebani keuangan perusahaan terlalu berat, yaitu dengan cara promosi media gathering. Praktik promosi dengan mengumpulkan berbagai perusahaan media massa baik cetak maupun elektronik untuk memasarkan produk dan jasa perusahaan kepada calon konsumen disebut dengan Media Gathering.

Cara promosi media gathering dapat dipraktikkan oleh perusahaan apa pun dan dimana pun dalam rangka menggaet lebih banyak calon pelanggan. Cara promosi ini sama-sama saling menguntungkan baik bagi perusahaan maupun bagi media massa.

Perusahaan yang ingin menggunakan cara promosi media gathering harus mempersiapkan beberapa hal antara lain tempat acara, format acara, produk dan jasa yang ingin dipromosikan, dan konsumsi. Pada intinya, prinsip dalam cara promosi media gathering adalah simbiosis mutualisme, perusahaan memanjakan media, dan media memberikan timbal balik berupa memasarkan produk atau jasa perusahaan, entah dalam bentuk advertorial (iklan berbentuk berita) atau dalam bentuk lainnya.

Tempat acara media gathering bisa dilakukan langsung di lokasi usaha agar media mendapat gambaran dan kesan langsung dari produk dan jasa yang akan dipromosikan. Bisa juga menggunakan tempat lain di luar lokasi usaha sepanjang tidak memberatkan anggaran promosi perusahaan.

Format acara harus dikemas semenarik dan sesantai mungkin. Perusahaan berupaya memanjakan media melalui format acara bernuansa santai, seperti ramah tamah dan makan malam, acara outbond atau tour, sekaligus menyediakan penginapan secara cuma-cuma bagi tamu media.

Produk dan Jasa yang ingin dipromosikan harus disampaikan atau diperkenalkan kepada insan media massa. Format promosi produk dan jasa bisa dipasrahkan langsung kepada tim media. Biar nanti media yang menentukan format promosi mau dibikin seperti apa, apakah dalam bentuk advertorial, iklan banner, atau bentuk lainnya.

The last but not least dalam cara promosi media gathering adalah konsumsi. Karena mengumpulkan banyak media di satu tempat adalah momen penting, maka konsumsi harus disajikan sedemikian rupa dan semenarik mungkin baik dari segi menu maupun penyajian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon