27 September 2020

Cara Menghitung Kurs Silang (Cross Exchange Rate)


Dalam sistem keuangan internasional setiap negara saling membutuhkan mata uang negara lain. Hal tersebut sebagai konsekuensi dari praktik perdagangan dan bisnis luar negeri yang diterapkan masing-masing negara.

Praktik yang biasa dilakukan pada saat membutuhkan kurs mata uang negara lain adalah praktik ekspor, impor, belanja dan jalan-jalan ke luar negeri, sekolah ke luar negeri, bantuan internasional dan banyak contoh lainnya. Kurs mata uang suatu negara adalah salah satu simbol yang mewakili perekonomian suatu negara.

Antarnegara bisa saling bertukar mata uang (currency). Karenanya dikenal istilah kurs mata uang. Dalam kegiatan perdagangan internasional atau transaksi di luar negeri, setiap negara wajib menyediakan mata uang dalam kurs negara lain. (Baca juga artikel Daftar Mata Uang Seluruh Negara di Dunia pada Blog ini)

Hingga saat ini kurs yang menjadi mata uang internasional adalah United State of Dollar (USD). Jadi bila ingin melakukan perhitungan kurs silang atau Cross Exchange Rate, mata uang USD bisa menjadi mata uang pihal ketiga sebagai dasar perhitungan kurs silang.

Kurs Silang atau Cross Exchange Rate adalah kurs mata uang suatu negara terhadap negara lain yang diperoleh dengan cara membagi kurs kedua negara tersebut berdasarkan mata uang pihak ketiga. Kurs silang penting dilakukan untuk memastikan kebenaran nilai tukar dan mengantisipasi keterbatasan informasi kurs mata uang yang dimiliki. Mata uang pihak ketiga bisa menggunakan mata uang negara manapun.

Misalnya sebuah perusahaan ekspor ingin mengetahui nilai kurs mata uang Rupiah per Yuan dan kurs mata uang Yuan per Rupiah. Untuk mengetahuinya, perusahaan cukup mencari informasi berapa kurs Yuan per US Dollar dan berapa kurs Rupiah per USD. Yang menjadi mata uang pihak ketiga di sini adalah USD.

Untuk lebih jelasnya diberikan contoh perhitungan kurs silang. Diketahui kurs Yuan per USD sebesar 6,8 Yuan, dan Kurs Rupiah per USD sebesar IDR14.700. Dari informasi kurs tersebut, dapat dihitung kurs silang Rupiah per Yuan dan Yuan per Rupiah. Adapun kurs silang Rupiah per Yuan sama dengan IDR14.700 / 6,8 Yuan = IDR2.161. Sedangkan, kurs silang Yuan per Rupiah sama dengan 6,8 Yuan / IDR14.700 = 0,00046 Yuan.

Contoh lainnya, diketahui kurs Rubel per USD sebesar 78 Rubel, dan kurs Rupiah per USD sebesar IDR14.700. Dari informasi kurs tersebut, dapat dihitung kurs silang Rupiah per Rubel dan Rubel per Rupiah. Adapun kurs silang Rupiah per Rubel sama dengan IDR14.700 / 78 Rubel = IDR188,46. Sedangkan, kurs silang Rubel per Rupiah sama dengan 78 Rubel / IDR14.700 = 0,0053 Rubel.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon