26 September 2020

Deretan Investasi Bodong Terbesar di Indonesia


Investasi bodong sangat identik dengan janji return tinggi padahal pelaku usaha investasi sudah dilarang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjanjikan keuntungan besar kepada masyarakat calon investor. Investasi bodong sangat identik dengan Multi Level Marketing (MLM), cari member baru maka keuntungan yang diperoleh semakin besar. Investasi bodong sangat identik dengan janji memperoleh keuntungan besar dalam waktu singkat. Investasi bodong sangat identik dengan tidak memiliki ijin usaha dari OJK.

Dan herannya lagi, masih saja ada warga yang menjadi korban pelaku investasi bodong. Total dana masyarakat ada sekitar IDR45 triliun yang tersangkut investasi bodong seperti data yang dilansir OJK. Minimnya sosialisasi, lemahnya penegakan hukum, rendahnya literasi investasi masyarakat, dan kurangnya pemberian pengetahuan produk investasi dari otoritas terkait menjadi penyebab menjamurnya investasi bodong di tanah air.

Bentuk usaha yang dilancarkan pelaku investasi bodong ada bermacam-macam. Tercatat ada usaha dalam bentuk arisan berantai, travel umroh, MLM, money game, investasi forex, investasi berantai, Financial Technology Peer to Peer Lending, koperasi, bursa berjangka, dan lain-lain.

Ada 3 hukum investasi yang wajib dipegang masyarakat sebagai investor atau pemodal. Pertama, High Risk High Return. Usaha atau investasi yang memberi keuntungan besar juga mengandung risiko kerugian yang besar pula. Kedua, No Pain No Gain. Segala kenikmatan keuntungan yang diperoleh harus melewati proses, bukan ujuk-ujuk langsung jadi uang dalam waktu singkat. Ketiga, Diversification. Jangan menaruh semua uangmu dalam satu keranjang. Sebarlah uangmu pada berbagai macam produk investasi untuk meminimalkan risiko kerugian.

Sederet Investasi bodong terbesar di Indonesia antara lain First Travel, Kampung Kurma, Koperasi Pandawa, Koperasi Indo Surya, Koperasi Langit Biru, MeMiles, Alimama, Auto Gajian atau Real Sultan, Binomo, Cipaganti, Jouska, Eco Racing, Fikasa, Talk Fusion, Dream For Freedom, GCG Asia, Hewan Qurban, 3i Network, Qnet, Sangkara Project, Umi Salma “Permata Bunda”, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lengkap bisa dilihat di laman situs Satgas Waspada Investasi OJK. (Baca Juga Artikel Jurus Penangkal Investasi Bodong di Blog ini)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon