04 Agustus 2020

Segmentasi Berdasar Komponen Price, Product, Promotion dan Place (4P)



Segmentasi adalah kegiatan yang fokus pada pembagian pasar berdasar pada komponen Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), dan Produk (Product). Segmentasi bertujuan agar produk atau jasa perusahaan yang diluncurkan bisa tepat sasaran. Jadi jangan anggap enteng piranti manajemen pemasaran yang satu ini.

Segmentasi berdasar komponen Harga (Price) adalah kegiatan membagi pasar menurut harga yang ditetapkan perusahaan. Harus jelas manajemen mau menempatkan produk atau jasa di kelas harga berapa. Banyak pesaing di industri yang sama menerapkan strategi harga bersaing sehingga menuntut perusahaan mengetahui harga produk pesaing. Karena perbedaan harga bisa membuat konsumen beralih ke produk yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas yang sama.

Segmentasi berdasar komponen Produk (Product) adalah kegiatan membagi pasar menurut produk yang hendak dimasuki perusahaan. Riset dan survey pasar sangat dibutuhkan di sini agar jelas produk apa saja yang sudah ada dan yang belum ada, bagaimana respon pasar atas produk yang hendak diluncurkan. Riset pasar menjadi dasar menyusun Business Plan perusahaan.

Segmentasi berdasar komponen Promosi (Promotion) adalah kegiatan membagi pasar berdasar strategi dan saluran promosi yang dipilih. Promosi online dan offline, advertorial news, dan pilihan strategi promosi lainnya yang dipilih sangat berpengaruh pada kesuksesan produk atau jasa yang diluncurkan. Promosi harus efektif dan efisien apalagi sumber daya finansial sangat terbatas. Produk Anda akan dibeli jika konsumen sudah tahu terlebih dahulu tentang produk Anda. Agar konsumen tahu produk Anda, maka harus dilakukan promosi. Komposisi konten dan pilihan channel promosi sangat menentukan keberhasilan produk atau jasa Anda.

Segmentasi berdasar komponen Tempat (Placement) adalah kegiatan membagi pasar berdasar pada tempat yang hendak dibidik perusahaan. Semut bisa banyak datang bila ada gulanya. Begitu juga dengan memilih tempat untuk memasarkan produk atau jasa harus benar-benar tepat. Kadang ada di satu tempat sepi pembeli, tapi di tempat lain ramai pembeli.

Meski begitu, manajemen harus pandai mengolah keempat komponen segmentasi tersebut di atas agar menghasilkan racikan komponen 4P yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan yang diinginkan. Segmentasi yang tepat guna dan berhasil guna menjadi impian banyak pelaku bisnis. Jadi biasakanlah menggunakan piranti segmentasi di perusahaan Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon