04 Agustus 2020

Mengenal Lembaga Ekonomi Dunia


Dalam sistem perekonomian dunia, ada dikenal teori Dependensia yang bila diartikan kira-kira begini, kebijakan ekonomi suatu negara akan berpengaruh kepada negara lain dan apabila terjadi gejolak ekonomi di negara tersebut akan berimbas ke negara lainnya terutama negara mitra dagang. Pandemi COVID-19 sudah memporak-porandakan perekonomian di lebih 200 negara di dunia. Mulai dari negara berkembang hingga negara maju semua terdampak Pandemi COVID-19. Lembaga ekonomi dunia seperti IMF pun memprediksi pertumbuhan ekonomi global mengalami kontraksi yaitu minus 4,9% pada tahun 2020.

Tanpa mencari kambing hitam siapa yang paling bertanggung jawab atas kecerobohan meluasnya Pandemi COVID-19 ini, tentu ada peran penting lembaga ekonomi dunia agar situasi ekonomi global tidak kian terpuruk. Berikut lembaga ekonomi dunia yang dikenal dan diakui oleh negara-negara di dunia antara lain International Monetary Fund (IMF), Consultative Group on Indonesia (CGI), Asian Development Bank (ADB), Islamic Development Bank (IDB), World Bank, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), dan World Trade Organization (WTO).

International Monetary Fund (IMF)

Dana Moneter Internasional atau IMF didirikan pada tahun 1944 pada Konferensi Bretton Woods. Organisasi ini bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat. Beranggotakan 189 negara di dunia, IMF memiliki cadangan dana sekitar IDR6,7 kuadriliun atau USD755 miliar. Negara-negara anggota IMF diwajibkan menyisihkan sebagian dana untuk cadangan yang mana negara anggota bisa mengajukan pinjaman saat mengalami kesulitan keuangan. Tujuan didirikan IMF adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi global, membantu negara anggota yang mengalami kesulitam dalam neraca pembayaran dan membantu menjaga stabilitas nilai tukar mata uang negara anggotanya.

Consultative Group on Indonesia (CGI)

Lembaga CGI adalah lembaga kelompok pemberi pinjaman kepada Indonesia bentukan Pemerintah Indonesia dan Bank Dunia, didirikan pada tahun 1992. Lembaga CGI dibentuk sebagai pengganti lembaga Inter Government Group on Indonesia (IGGI) pada era Menteri Ekonomi, Keuangan dan Industri Bapak Radius Prawiro. Namun, pada tahun 2007, lembaga CGI dihentikan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Asian Development Bank (ADB)

Bank Pembangunan Asia atau ADB didirikan pada tahun 1966 dan bermarkas di negara Filipina. Lembaga ADB yang beranggotakan 63 negara bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di negara Asia Pasifik terutama di negara-negara anggotanya.

Islamic Development Bank (IDB)

Lembaga IDB adalah lembaga keuangan multilateral yang fokus pada pengembangan ekonomi Islam dan didirikan pada tahun 1973 dan bermarkas di negara Arab Saudi. Lembaga IDB beranggotakan 57 negara yang juga merupakan anggota organisasi OIC dengan pemegang saham terbesar negara Arab Saudi (26%), sedangkan negara Indonesia memiliki saham 2,9%. Modal lembaga IDB sudah mencapai USD150 miliar.

World Bank

Lembaga Bank Dunia didirikan pada tahun 1944 dan bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat. Bank Dunia beranggotakan 189 negara bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan lewat bantuan pemberian modal kepada negara berkembang. Didirikan oleh John Maynard Keyness dan memiliki anak perusahaan International Finance Corporation.

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD)

Lembaga OECD merupakan lembaga ekonomi antarpemerintah yang didirikan pada tahun 1961 dan bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi global dan pasar bebas. Lembaga OECD sudah mempunyai 37 negara anggota dengan tingkat pendapatan dan Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi. Negara anggota mempunya pangsa pasar 62% PDB global atau sekitar USD49 triliun.

World Trade Organization (WTO)

Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO didirikan pada tahun 1995 dan beranggotakan 164 negara. Lembaga WTO yang berpusat di negara Swiss ini, didirikan untuk meliberalisasi perdagangan dunia melalui pengurangan tarif dan hambatan perdagangan. Anggaran lembaga ini mencapai IDR3 triliun pada tahun 2016.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon