03 Agustus 2020

Cara Memasang Tombol Start Stop Engine di BMW E34


Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works kemudian disingkat BMW merupakah salah satu merek mobil premium yang laris hingga saat ini. Kenyamanan, keandalan, dan keamanan yang ditawarkan mobil ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Salah satu fitur canggih yang ditawarkan pada BMW seri terbaru adalah Keyless atau tombol start stop engine.

Salah satu seri lama BMW yang mumpuni di eranya yaitu BMW seri E34 (5 series). Mobil jenis sedan 4 pintu dan 2 pintu (coupe) yang diproduksi dari tahun 1989 sampai 1997 ini masih eksis hingga sekarang.

Pada tahun pembuatannya, mobil BMW seri E34 masih menggunakan kunci kontak konvensional. Lalu, bagaimana jika mobil BMW E34 ini menggunakan teknologi Keyless atau tombol start stop engine, apakah bisa? Jawabannya adalah bisa. Penulis sudah menerapkan sendiri Tombol Start Stop Engine di mobil pribadi BMW seri E34 M60 bertransmisi matik.

Pada teknologi bawaan mobil BMW E34, mesin dinyalakan menggunakan kunci kontak model konvensional. Kunci kontak terhubung dengan switch kontak dan bisa diputar ke posisi ACC, ON dan OFF. Untuk bisa menggunakan tombol start stop engine (keyless) pada BMW E34, terlebih dahulu harus membeli spare part Tombol Start Stop Engine (Keyless) yang banyak tersedia di pasaran.

Produk keyless yang ditawarkan bervariasi harganya tergantung pada fitur yang disematkan. Ada produk yang hanya berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mesin, namun ada juga produk dengan fitur tambahan mengontrol central lock pintu mobil. Harga produk mulai IDR150.000 sampai IDR500.000. Mungkin ada lagi yang lebih mahal dari harga yang disebutkan di atas.

Jika produk tombol start stop engine sudah Anda beli, langkah selanjutnya adalah instalasi. Cara memasang atau instalasi yang ditulis di sini hanya secara umum saja. Untuk teknis pemasangan yang lebih detail, Anda bisa menggunakan jasa mekanik (disarankan mekanik atau montir khusus mobil eropa).

Ada beberapa komponen dalam produk tombol start stop engine antara lain sensor, alat pembaca sensor, modul, dan cover kunci lama. Sensor dan alat pembaca sensor harus diletakan berdekatan agar sistem bisa terbaca. Produk ini menggunakan tekonologi RFID atau Radio Frequency Identification. Selain itu ada modul yang didalamnya ada beberapa kabel dan soket untuk disambungkan. Kabel terdiri atas kabel audio, kabel sensor dan pembaca sensor, kabel ke switch rem, dan kabel ground. Jangan lupa, switch kontak lama harus dilepas, dan kabel sambungan bekas switch kontak lama bisa disambungkan kembali ke kabel modul keyless yang hendak dipasang. Teknis penyambungan kabel harus menggunakan montir yang sudah berpengalaman.

Setelah semua alat terpasang, selanjutnya adalah cara mengoperasikannya. Pertama kali adalah dekatkan alat sensor ke pembaca sensor, tunggu sampai lampu berkedip di tombol start stop engine. Setelah lampu berkedip-kedip, artinya sistem siap digunakan. Tahap berikutnya tekan tombol start stop engine satu kali untuk ke posisi ACC, lalu tekan sekali lagi tombolnya untuk ke posisi ON. Kemudian secara bersamaan injak pedal rem dan tekan sekali lagi tombol start stop engine agak lama sampai mesin menyala. Untuk mematikan mesin, caranya adalah dengan menginjak pedal rem dan menekan tombol start stop engine secara bersamaan.

Demikian ulasan singkat mengenai cara pemasangan dan penggunaan tombol start stop engine di mobil BMW E34. Mobil boleh tua, tapi teknologi advance.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon