03 Agustus 2020

Fungsi-Fungsi Dasar Manajemen


Manajemen merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang banyak bersentuhan dengan kegiatan ekonomi masyarakat. Banyaknya sumber daya dalam suatu organisasi atau entitas bisnis tentu sangat membutuhkan manajemen. Tanpa adanya manajemen, sebuah perusahaan atau organisasi pasti akan berjalan tanpa arah dan tidak jelas tujuannya sehingga kekacauan pun akan terjadi.

Manajemen adalah ilmu pengetahuan tentang bagaimana mengelola sebuah perusahaan atau organisasi baik organisasi berorientasi laba maupun nonlaba untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Dalam ilmu manajemen terbagi lagi menjadi beberapa bagian utama antara lain manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran.

Dalam ilmu manajemen dikenal fungsi-fungsi dasar manajemen. Fungsi dasar manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Keempat fungsi dasar manajemen tersebut umumnya disingkat POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling).

Perencanaan (Planning) adalah suatu kegiatan untuk membuat visi, misi dan program aksi perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan ada yang bersifat profit maupun non profit. Perencanaan yang baik adalah melibatkan semua pihak (stakeholders) perusahaan agar diperoleh suatu gambaran menyeluruh dan akomodatif tentang apa yang ingin diraih perusahaan di masa depan.

Pengorganisasi (Organizing) adalah suatu kegiatan mengelola, mengkoordinasikan berbagai sumber daya dalam suatu perusahaan agar lebih terarah dan terukur dalam mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Berbagai sumber daya dalam suatu organisasi meliputi sumber daya manusia dan sumber daya finansial atau modal. Dalam tahap ini perlu menyusun sebuah struktur organisasi yang sesuai dengan karakteristik perusahaan, apakah struktur organisasi yang gemuk atau ramping. Sangat penting menempatkan seseorang sesuai minat, bidang ilmu dan keahliannya.

Pengarahan (Actuating) adalah kegiatan manajemen untuk mengarahkan sumber daya yang sudah disusun dan dialokasikan sebelumnya untuk fokus pada target tujuan yang sudah ditetapkan. Disinilah pengaruh manajemen dibutuhkan agar semua program kerja dapat berjalan terarah pada satu tujuan dan sesuai rencana. Timeline atau manajemen waktu sangat dibutuhkan agar kegiatan operasional menjadi terarah dan dapat mencegah terjadinya inefisiensi.

Pengendalian atau Pengawasan (Controlling) adalah kegiatan yang dilakukan manajemen untuk mengontrol atau mengawasi semua unit kerja agar bekerja sesuai program dan bidangnya sehingga tercapai produktifitas optimal. Controlling sangat dibutuhkan dalam sebuah proses produksi agar kualitas produk atau jasa yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (pasar).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon