02 Agustus 2020

Pentingnya Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada Mobil BMW


Mobil yang beredar di pasaran pada umumnya masih menggunakan standar keselamatan berupa seat belt dan airbag. Masih belum ada mobil baru yang dilengkapi dengan standar keselamatan berkendara berupa alat pemadam kebakaran api ringan sehingga memaksa sebagian pengguna kendaraan roda empat memasang sendiri alat tambahan tersebut.

Secara khusus mobil BMW dari berbagai seri dan tahun belum dilengkapi dengan alat keselamatan tersebut. Padahal alat tersebut sangat penting untuk keselamatan penumpang. Sebagai contoh negara Malaysia sudah mulai mewajibkan pemasangan aksesori keselamatan tersebut di mobil. Seperti apa bentuk dan bagaimana cara pasang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil BMW, berikut ulasan singkatnya.
Mobil sedan BMW terdiri dari berbagai seri yaitu BMW seri 3, seri 5, seri 7, seri 8, X series dan Z4. Dari semua seri tersebut, standar keselamatan masih sebatas pada sabuk pengaman dan airbag. Tabung alat pemadam kebakaran api ringan belum ada terinstall di mobil BMW. Kalaupun ada, itu hanya install tambahan by customer request.

Alat pemadam kebakaran api ringan bentuknya adalah tabung. Biasanya merk alat pemadam kebakaran api mini tersebut adalah Firestop. Ada beberapa merk yang bisa Anda coba, namun secara umum harganya berkisar antara IDR20.000 sampai IDR200.000.

Di sini akan diambil contoh alat pemadam kebakaran api ringan merk Firestop. Alat tersebut bisa Anda tempatkan di dalam kabin atau di bagasi belakang. Yang jelas posisikan dudukan alat tersebut jauh dari sinar matahari dan mudah dijangkau bila terjadi kebakaran di mobil.

Pada alat pemadam api Firestop terdapat tabung, dudukan tabung dan baut. Cara instalasi cukup mudah, Anda tinggal menempatkan dudukan tabung dengan melubangi beberapa dinding karpet atau besi. Setelah membuat lubang baut, pasang baut dudukan tabung sampai kencang. Taruh tabung alat pemadam kebakaran api mini Firestop Anda di dudukan tabung, dan instalasi selesai.

Lalu bagaimana menggunakan tabung alat pemadam api ringan Firestop, Anda tinggal membuka tutup tabung dan tinggal disemprot saja dengan menekan tombol bagian paling atas. Jadi, jangan anggap remeh risiko kebakaran pada mobil BMW, segera sediakan APAR di mobil karena Safety first.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon