21 Agustus 2020

Produk Domestik Bruto Indonesia


Suatu negara akan menjadikan pertumbuhan ekonomi sebagai tujuan pembangunan dalam suatu waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) yang dihasilkan oleh suatu negara.

Pendapatan nasional adalah keseluruhan pemasukan yang diterima oleh seluruh masyarakat dalam suatu negara atas imbal jasa dan produk yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu. Pendapatan nasional juga tercermin dari postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada tahun tertentu.

Produk domestik bruto adalah keseluruhan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh masyarakat dalam suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Barang dan jasa yang dihasilkan baik oleh warga negara Indonesia maupun warga negara asing dalam wilayah negara Indonesia.

Produk Nasional Bruto adalah total nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh masyarakat di suatu negara tidak termasuk produk yang dihasilkan warga negara Indonesia yang berada di luar negeri. Total nilai barang dan jasa yang dihasilkan warga negara asing di dalam negeri juga tidak termasuk produk nasional bruto.

Produk Nasional Neto adalah produk nasional bruto setelah dikurangi penyusutan dan barang modal pengganti. Produk nasional bersih digunakan untuk menghitung pendapatan nasional neto dengan cara mengurangi produk nasional neto dengan pajak tidak langsung.

Pendapatan perorangan adalah pendapatan yang diterima seseorang terkait jasa yang diberikan pada proses produksi, dan pendapatan yang diterima dari penjualan hasil produksi. Sedangkan, Pendapatan Disposible adalah pendapatan yang siap dibelanjakan untuk membeli barang atau jasa.

Konsumsi adalah pendapatan seseorang yang digunakan untuk membeli barang dan jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Tabungan adalah uang sisa dari pendapatan yang tidak digunakan dan disimpan oleh seseorang untuk jangka waktu tertentu.

Produk Domestik Bruto Tahun 2020

Produk domestik bruto Indonesia dari masa ke masa mengalami pasang surut, naik dan turun. Fluktuasi mencerminkan dinamika ekonomi masyarakat di suatu negara. Pada 5 tahun terakhir rata-rata pertumbuhan PDB Indonesia sebesar 5% year on year. Jumlah PDB Indonesia tahun 2019 mencapai IDR15,8 kuadriliun dan Jumlah PDB per kapita penduduk Indonesia mencapai IDR59 juta.

Produk domestik bruto Indonesia pada kuartal I tahun 2020 mengalami pertumbuhan positif 2,93%. Memasuki kuartal II tahun 2020, pertumbuhan PDB Indonesia mengalami kontraksi sebesar minus 5,32%. Secara nominal, jumlah PDB Indonesia sampai Juli 2020 mencapai IDR3,68 kuadriliun. Secara teori ekonomi, jika pertumbuhan PDB Indonesia pada kuartal III masih mengalami kontraksi, maka Indonesia resmi mengalami resesi ekonomi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon