20 Agustus 2020

Penyebab AC Mobil BMW Tidak Dingin


Salah satu kenyamanan mengendarai mobil BMW jenis sedan adalah Air Conditioning (AC) yang dingin. Berkendara di daerah tropis seperti Indonesia sangat membutuhkan sistem pendinginan di dalam mobil. Kecuali tinggal di daerah berhawa dingin seperti eskimo maka yang dibutuhkan bukan AC mobil melainkan sistem penghangat ruangan interior mobil.

Indonesia yang memiliki iklim tropis sangat cocok untuk mobil bersistem pendinginan AC. Mobil BMW sudah tersemat sistem pendinginan AC dengan double blower, baik di kabin depan maupun belakang.

Sistem pendinginan AC mobil BMW terdiri atas beberapa komponen seperti evaporator, kompresor AC, freon AC, selang AC, motor blower, switch AC, modul AC, sekring AC, kondensor AC, dan filter dryer. Bila terasa AC mobil BMW tidak dingin, ada beberapa kemungkinan penyebabnya yang harus di cek satu per satu.

Beberapa penyebab AC mobil BMW tidak dingin antara lain freon AC habis, ada kebocoran seal atau evaporator, kompresor AC lemah atau rusak, sekring atau relay AC putus, modul AC rusak, motor blower macet atau mati, kondensor AC retak atau pecah, kaca film tidak terpasang dan filter dryer rusak. Untuk memastikan penyebab AC mobil BMW tidak dingin harus dilakukan pengecekan satu per satu.

Freon AC menjadi penyebab utama kenapa AC mobil BMW tidak dingin. Kebanyakan kasus freon AC habis menyebabkan AC tidak dingin. Ada beberapa sebab kenapa freon AC habis yaitu terjadi kebocoran di area evaporator, seal ekspansi AC, seal kompresor AC dan tabung kondensor AC. Cara mengecek kebocoran tersebut, terlebih dahulu pastikan freon AC sudah kosong, kemudian isi dengan angin sampai tekanan angin dalam satuan PSI tertentu. Siram bagian-bagian yang dicurigai seperti seal-seal dan evaporator dengan air sabun detergen. Khusus untuk evaporator harus dilepas terlebih dahulu dari dalam dashboard. Apabila terjadi kebocoran, maka air sabun detergen akan menggelembung.

Penyebab utama lainnya yang sering bikin AC tidak dingin adalah kompresor AC. Faktor usia dan pemakaian juga mempengaruhi cepat lambatnya kerusakan pada kompresor AC. Kompresor AC berfungsi memompa freon AC untuk diaIirkan ke seluruh saluran pendingin AC. Jika kompresor AC mengalami kebocoran seal maka freom AC akan cepat habis. Akibatnya AC mobil BMW menjadi tidak dingin. Selain itu, jika kompresor AC rusak, maka alat tersebut tidak bisa bekerja untuk memompa freon AC, dan akibatnya AC menjadi tidak dingin.

Penyebab lainnya yang juga sering menjadi penyebab AC mobil BMW tidak dingin adalah seal karet. Seal ini letaknya ada di saluran ekspansi AC, dan kompresor AC. Silakan cek satu per satu letak kebocoran seal tersebut.

Kemudian, motor blower AC yang macet atau rusak juga menjadi penyebab AC mobil BMW tidak dingin. Motor blower AC berfungsi menyalurkan atau mengirimkan uap dingin ke kabin interior mobil. Tanda blower AC tidak bekerja adalah tidak ada angin yang keluar dari kisi-kisi AC. Jadi, segera perbaiki atau jika perlu diganti kalau memang sudah rusak.

Dan beberapa penyebab lain yang membuat AC mobil BMW tidak dingin tapi agak jarang ditemui seperti sekring atau relay AC putus, tabung kondensor AC retak (jika pernah terjadi tabrakan), dan filter dryer rusak. Demikian ulasan penyebab AC mobil BMW tidak dingin, semoga sedikit membantu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon