20 Agustus 2020

Kelebihan dan Kekurangan JNE Cashless


Bisnis kurir online semakin berkembang di era internet saat ini. Banyak pelaku bisnis jasa pengantaran ini berlomba menawarkan produk dan layanan inovatif kepada konsumen, salah satunya seperti yang dilakukan JNE lewat layanan JNE Cashless.

Layanan JNE Cashless adalah layanan pengantaran barang dari JNE bekerja sama dengan platform marketplace online seperti Lazada, Shopee dan Tokopedia, di mana pembayaran ongkos kirim dilakukan secara nontunai dan dipotong otomatis oleh pihak marketplace tanpa pembeli melakukan pembayaran. Layanan JNE Trucking (JTR) merupakan salah satu contoh layanan JNE Cashless yang menghitung bobot minimum barang yakni 10 kilogram.

Layanan yang baru diluncurkan tahun lalu oleh JNE masih belum banyak diketahui konsumen. Meski layanan JNE Cashless yang sudah berjalan sejak tahun 2019 memiliki kelebihan, namun tak sedikit juga yang kecewa terhadap pelayanan JNE Cashless.

Kelebihan JNE Cashless adalah pembeli dan penjual di platform marketplace online tak perlu membayar ongkos kirim karena ditanggung dari pihak marketplace. Jadi, ada penghematan dari segi biaya untuk pembeli dan penjual. Secara omzet penjualan pun semakin meningkat karena mampu menarik minat pembeli datang ke toko untuk menggunakan layanan JNE Cashless.

Kekurangan JNE Cashless adalah sosialisasi yang sangat minim dari pihak JNE sehingga banyak konsumen yang belum tahu. Di samping itu, tak sedikit pula yang mengeluhkan layanan JNE Cashless seperti jumlah pembayaran lambat diterima penjual. Sistem JNE Cashless belum terotomatisasi di sistem pengiriman platform marketplace sehingga harus dilalukan secara manual pada kolom keterangan transaksi.

JNE Cashless sebenarnya merupakan salah satu produk layanan inovatif terutama di era pembayaran cashless saat ini. Beberapa evaluasi perbaikan perlu dilakukan baik dari pihak marketplace online maupun dari pihak JNE sendiri.

Beberapa saran yang bisa penulis berikan antara lain maksimalkan sosialisasi dan promosi layanan JNE Cashless, perbaikan sistem pemograman layanan JNE Cashless perlu terus dilakukan secara berkala, dan kerjasama dengan marketplace online perlu diperluas. Dengan demikian, keluhan dan kekecewaan konsumen dapat tertangani dengan baik dan konsumen semakin loyal menggunakan produk layanan JNE.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon