13 Agustus 2020

Perbedaan GrabMart dan GoMart


Platform aplikasi transportasi online seperti Grab dan Gojek paham betul tentang rencana bisnis untuk menjawab kebutuhan pasar. Di tengah ketatnya persaingan di era digital, masing-masing meluncurkan layanan belanja barang secara online yaitu GrabMart dan GoMart. Layanan tersebut mencoba menjawab tuntutan perubahan zaman yang sedang terjadi saat ini, di mana serba praktis dan terkoneksi internet. GrabMart adalah salah satu layanan bisnis dari platform aplikasi Grab. Sedangkan, GoMart adalah salah satu layanan bisnis dari platform aplikasi Gojek.

GrabMart bisa diakses oleh konsumen melalui aplikasi Grab. Pada tampilan depan aplikasi Grab, akan muncul menu GrabMart. Sedangkan, bagi toko merchant bisa mendaftar sebagai mitra GrabMart melalui aplikasi GrabMerchant. Karena layanan Grab Mart masih baru diluncurkan, maka masih belum banyak konsumen yang tahu tentang layanan tersebut.

GoMart bisa diakses oleh konsumen melalui aplikasi Gojek menggunakan ponsel android. Pada tampilan halaman beranda Gojek, akan muncul menu layanan Gomart. Layanan GoMart merupakan kerja sama antara Gojek dan Minimarket Alfamart. Jadi, berbeda secara konsep bisnis dengan GrabMart. Toko Merchant yang ingin menjadi mitra GoMart tentu tidak bisa bergabung karena aplikasi tersebut memang khusus (hanya untuk kerja sama Gojek dan Alfamart).

GrabMart berusaha menggandeng sebanyak mungkin pelaku usaha minimarket, sedangkan GoMart cukup menggandeng satu minimarket yang sudah memiliki jaringan luas di seluruh wilayah Indonesia yaitu Alfamart. Sebagai informasi tambahan, minimarket Indomaret yang memiliki jaringan sangat luas di seluruh penjuru nusantara sudah melayani belanja secara online lewat aplikasi sendiri bernama KlikIndomaret.

Jadi jelas ya perbedaan antara GrabMart dan GoMart. Jadi, dengan mengetahui perbedaannya, maka Anda yang memiliki usaha minimarket skala kecil (diluar bisnis makanan dan minuman) dan ingin mendaftar di platform aplikasi online, maka Anda bisa memilih aplikasi GrabMart. Cara pendaftaran toko merchant GrabMart bisa dilakukan melalui aplikasi GrabMerchant.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon