23 Agustus 2020

Perbedaan GoFood, GoMart, GoShop dan GoMall


Gojek sebagai platform aplikasi online untuk berbagai macam kebutuhan sudah menjadi perusahaan Decacorn pertama Indonesia dengan valuasi pasar mencapai USD10 miliar. Dengan bisnis inti di bidang transportasi online, sekarang ekspansi bisnis Gojek sudah meluas ke berbagai bidang usaha seperti pesan-antar makanan, belanja online, bayar berbagai macam tagihan dan iuran, layanan antar barang, layanan kesehatan dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, platform aplikasi Gojek sudah diunduh lebih dari 50 juta kali dan sudah beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Pada layanan bisnis Gojek terdapat banyak varian layanan seperti GoFood, GoMart, GoShop, dan GoMall. Secara istilah layanan tersebut memiliki sejumlah kemiripan, lantas apa perbedaan GoFood, GoMart, GoShop, dan GoMall? Berikut ulasannya.

GoFood adalah salah satu layanan bisnis Gojek di bidang pesan-antar makanan. Sudah ribuan toko merchant yang bergabung menjadi mitra GoFood. Manfaat menjadi mitra GoFood bagi merchant adalah dapat meningkatkan omzet penjualan dan memperluas akses pasar. GoFood hanya melayani pesan-antar makanan dan minuman. Di luar itu, merchant bisa mendaftar di layanan Gojek lainnya.

GoMart adalah salah satu layanan bisnis Gojek untuk belanja kebutuhan sehari-hari secara online sekaligus pengantaran sampai ke alamat rumah pembeli. Berbagai kebutuhan tersebut meliputi perlengkapan pribadi, kue camilan, perlengkapan rumah tangga, makanan instant, dan lain-lain. GoMart merupakan kerja sama khusus antara Gojek dan Alfamart. Layanan GoMart sudah tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia.

GoShop adalah salah satu layanan bisnis Gojek di bidang belanja online sekaligus layanan pengantaran oleh mitra driver Gojek. GoShop merupakan kerja sama Gojek dengan berbagai macam toko merchant. Mulai dari minimarket, toko pakaian, toko sepatu, Petshop, toko elektronik, dan masih banyak lagi. Sebenarnya layanan GoShop ada kesamaan dengan layanan GoMart, hanya berbeda dari segi jumlah toko merchant mitra Gojek.

GoMall adalah salah satu layanan bisnis Gojek untuk belanja segala macam kebutuhan (seperti mall) secara online sekaligus layanan pengantaran sampai ke alamat pembeli. GoMall merupakan kerja sama khusus antara Gojek dan platform marketplace JD.id. Secara jarak antara rumah dan gudang penjual (JD.id) baru ada di kota-kota tertentu, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Jadi, bila domisili pembeli di luar wilayah tersebut, maka durasi waktu pengiriman menjadi lebih lama.

Demikian ulasan perbedaan GoFood, GoMart, GoShop, dan GoMall pada platform aplikasi Gojek. Meski terdapat beberapa kesamaan pada keempat layanan Gojek tersebut, diharapkan semakin menambah pilihan berbelanja bagi konsumen di manapun berada.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon