28 Agustus 2020

Memahami Opportunity Cost



Opportunity cost adalah dana yang bisa dihemat oleh seseorang dari keputusan yang diambil pada beberapa alternatif pilihan biaya yang paling sedikit dikeluarkan. Opportunity cost sering juga disebut dengan biaya peluang, di mana biaya seperti ini sering kali ditemui konsumen dalam kehidupan sehari-hari.

Biar lebih jelas memahami opportunity cost, akan disajikan beberapa contoh pilihan yang sering menyangkut keputusan yang diambil dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan konsumen memiliki habit atau kebiasaan positif dalam mengambil keputusan penggunaan anggaran rumah tangga.

Saat seseorang ingin pergi ke pasar terdekat, tersedia beberapa pilihan agar bisa sampai ke pasar antara lain naik sepeda, naik becak, naik taksi online, naik mobil pribadi dan naik sepeda motor. Dari segi biaya, naik sepeda adalah yang paling murah ongkosnya karena tidak butuh uang bensin. Sedangkan, naik taksi online sudah pasti mengeluarkan ongkos banyak. Hanya saja naik sepeda memiliki keterbatasan dari kapasitas penyimpanan barang belanjaan. Jadi, pilihan opportunity cost paling moderat adalah naik sepeda motor.

Saat seseorang atau sekelompok orang ingin menghadiri pertemuan bisnis ke luar kota, tersedia beberapa alternatif pilihan agar bisa sampai ke tujuan antara lain naik pesawat terbang, naik kereta api, naik bus eksekutif, naik mobil pribadi, naik sepeda motor dan naik taksi online. Naik pesawat meski cepat sampai tujuan tapi ongkos yang dikeluarkan lebih banyak. Naik taksi online ke luar kota juga sangat mahal ongkosnya. Jadi, dari beberapa alternatif pilihan tersebut, pilihan opportunity cost yang paling terjangkau adalah menggunakan kereta api atau bus eksekutif. Kedua moda transportasi tersebut memiliki ongkos yang hampir sama, namun tidak mahal.

Suatu keluarga ingin merayakan resepsi pernikahan anggota keluarganya, tersedia beberapa alternatif pilihan tempat acara antara lain di rumah, gedung pertemuan umum, balai desa, hotel dan restoran. Biaya yang dikeluarkan bila resepsi pernikahan dilangsungkan di hotel pasti biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Di rumah dan balai desa, biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah. Kalau restoran hampir sama dengan hotel untuk biaya sewa gedung dan cateringnya. Jadi, pilihan opportunity cost yang paling moderat adalah di rumah atau gedung pertemuan umum dan balai desa.

Orang tua ingin transfer uang ke anaknya yang berada di luar kota. Tersedia beberapa pilihan untuk transfer uang antara lain pergi ke kantor bank, pergi ke mesin ATM, dan transfer via mobile banking. Dari pilihan tersebut di atas, jelas sekali opportunity cost paling murah adalah transfer uang via m-banking. Pasalnya kalau pergi ke kantor bank atau mesin ATM, harus mengeluarkan ongkos seperti bensin dan uang parkir.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon