28 Agustus 2020

Cara Pakai QR Code di Ponsel



Quick Response (QR) Code menjadi tren dalam sistem pembayaran transaksi dan sistem interaksi sosial. Mulai berbelanja di mall atau supermarket, belanja di warung, check in hotel, check in pesawat, jalan-jalan ke objek wisata, dan masih banyak lagi.

Hanya saja penggunaan QR Code dalam interaksi sosial dan transaksi pembayaran masih minim. Adanya persepsi sebagian konsumen kalau menggunakan QR Code cukup rumit perlu dijawab oleh pelaku pasar kalau menggunakan QR Code di ponsel sangat mudah, cepat dan aman.

Sistem transaksi pembayaran QR Code saat kini sudah terintegrasi dengan Quick Respon Indonesia Standardization (QRIS) Bank Indonesia. Jadi, dari segi keamanan lebih terjamin baik bagi konsumen maupun bagi toko merchant.

Cara pakai QR Code di ponsel akan diuraikan panjang lebar berikut ini. Pastikan ponsel atau smartphone android Anda sudah support QR Code. Kemudian unduh aplikasi pembaca QR Code terutama saat akan check in hotel atau pesawat. Untuk transaksi pembayaran pakai QR Code biasanya sudah terdapat pembaca QR Code di dalam aplikasi dompet digital seperti OVO, GoPay, DANA, LinkAja, dan lain-lain.

Cara pakai QR Code di ponsel ada juga dari pihak merchant atau toko penjual menyediakan mesin EDC untuk dikoneksikan dengan aplikasi e-wallet konsumen. Jadi di mesin EDC merchant, konsumen cukup memasukkan nomor ponsel yang terdapat di aplikasi dompet digital, lalu tekan ok.

Cara pakai QR Code di ponsel juga bisa dengan konsumen langsung scan QR Code milik merchant (penjual) menggunakan aplikasi dompet digital yang sudah terdapat scan atau pembaca QR Code. Maka saldo akan langsung terpotong secara otomatis. Di samping itu, masing-masing e-wallet milik konsumen sudah terdapat identitas QR Code pribadi, tinggal tunjukkan saja ke toko merchant untuk discan, maka saldo e-wallet konsumen otomatis langsung terpotong.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon