13 Agustus 2020

KlikIndomaret Aplikasi Belanja Online


KlikIndomaret adalah platform aplikasi belanja online berbasis web dan android besutan minimarket berjaringan luas Indomaret. Platform aplikasi yang sudah diunduh lebih dari satu juta kali ini mampu membuktikan kalau mampu bersaing di era digital yang serba praktis ini.

Saat pertama kali membuka aplikasi KlikIndomaret, Anda diminta menyetel lokasi tempat tinggal Anda yang dekat dengan toko Indomaret di wilayah Anda. Kemudian, Anda diminta memasukan alamat rumah agar barang belanjaan bisa diantar ke rumah pembeli.

Selain itu, lengkapi biodata diri seperti pada umumnya, nomor rekening bank pembeli, alamat rumah, alamat email, nomor ponsel aktif, dan kata sandi. Jangan sekali-kali mempublikasi biodata diri dan password di media sosial. Catat dengan rapi dan simpan di tempat yang aman.

Barang-barang yang dijual di aplikasi KlikIndomaret adalah barang-barang yang dijual pada minimarket Indomaret konvensional. Jadi, ketersediaan, kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan platform aplikasi ini patut dihargai. Namun, untuk barang dagangan kebutuhan pokok seperti buah dan sayur masih dalam tahap pengembangan.

Mengenai sistem pembayaran tidak jauh berbeda dengan situs marketplace atau ecommerce lainnya, seperti transfer via bank/atm/m-banking, transfer via virtual account, platform e-wallet LinkAja dan AkuLaku, Cash On Delivery (COD), dan lain-lain. Ada deadline waktu pembayaran yang diterapkan KlikIndomaret.

Kelebihan dalam platform aplikasi KlikIndomaret adalah disediakan jasa pengantaran atau kurir khusus milik Indomaret sendiri. Jadi, konsumen diberi pilihan apakah mengambil sendiri barang belanjaan di Indomaret terdekat atau barang belanjaan diantar ke rumah oleh kurir Indomaret.

Bila dibandingkan dengan situs ecommerce lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee, platform aplikasi KlikIndomaret sedikit berbeda. Kalau situs marketplace merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual, maka aplikasi KlikIndomaret murni merupakan situs penjualan online, dan tidak melayani pembelian. Entah ke depannya, platform aplikasi KlikIndomaret akan tetap seperti ini atau apakah ada pengembangan lebih lanjut terutama dari sisi back-end development sistem aplikasi sehingga memungkinkan para pemasok barang dari pabrik pengolahan bisa mengakses platform tersebut khususnya untuk inventory barang dagangan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon