22 Agustus 2020

Disrupsi di Era Digital


Disrupsi atau perubahan mendasar sedang terjadi di segala lini kehidupan saat ini. Era digitalisasi dan otomatisasi membuat banyak perubahan baik dari segi perilaku, gaya hidup, cara sekolah, dan sebagainya. Penulis mencoba mengulas secara mendalam bagaimana disrupsi sedang terjadi secara masif di era digital saat ini.

Belanja makanan tak perlu repot ke luar rumah. Tak perlu menghabiskan waktu dan ongkos bensin ke restoran atau rumah makan. Saatnya restoran dan rumah makan yang mendatangi Anda. Ada platform aplikasi GrabFood, GoFood, GrabMart dan lain-lain yang membantu memesan sekaligus mengantar makanan pesanan Anda sampai ke depan pintu rumah. Serba praktis memang, pembayaran pun tinggal potong otomatis lewat dompet digital, ada OVO, GoPay, DANA, LinkAja, dan lain-lain.

Mau sekolah tak perlu datang jauh-jauh ke kelas. Cukup lewat smartphone android sudah bisa bersekolah. Ada platform aplikasi Zoom, Whatsapp, Telegram, Google Meet, Google Class, Ruang Guru, YouTube Live Streaming, dan lain-lain.

Beli pulsa, bayar tagihan dan iuran bulanan, setor atau tarik uang, bayar belanjaan, bayar tol cukup pakai platform aplikasi e-wallet dan e-money (baca juga artikel Perbedaan e-Wallet dan e-Money di blog ini). Tinggal unduh aplikasi tersebut di ponsel, maka segala pembayaran dapat dilakukan dalam satu genggaman.

Mau nyalakan lampu dan AC, memonitor rumah lewat kamera, mengunci pintu, menyalakan TV, dan lain-lain, ada platform aplikasi seperti Google Nest yang siap memanjakan Anda sehingga tak perlu repot ke sana ke mari.

Ingin catatan keuangan bulanan Anda rapi, tidak perlu mencatat di buku pembukuan pakai tulisan tangan lagi. Tidak butuh sekolah sampai sarjana, sudah tersedia aplikasi Buku Warung, Buku Uang, Catatan Keuangan, dan lain-lain yang akan mencatat segala pengeluaran dan pendapatan Anda melalui gawai masing-masing. Praktis bukan.

Karyawan tak perlu datang ke kantor untuk bekerja, cukup work from home. Ada platform aplimasi Zoom, Google Meet, dan lain-lain yang akan membantu memudahkan pekerjaan seseorang.

Mau belanja kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur ayam, gula pasir, mie instan, tepung, minyak goreng, pasta gigi, sampo, sabun mandi, dan lain-lain tak perlu repot-repot pergi ke pasar atau supermarket, sudah tersedia platform aplikasi KlikIndomaret, GrabMart, dan GoMart, tinggal pesan dan barang belanjaan akan di antar ke rumah Anda.

Tukang ojek online tak perlu pusing mencari penumpang jauh-jauh, cukup nongkrong di tempat-tempat toko merchant mitra Grab, Gojek, Indomaret, Alfamart dan swalayan lainnya. Pesanan pun akan datang karena mulai banyak masyarakat yang suka belanja kebutuhan sandang dan pangan secara online.

Pemilik restoran dan hotel tak perlu boros merekrut karyawan dalam jumlah banyak, sudah tersedia robot pelayan tamu hotel dan restoran. Produk hasil kecerdasan buatan dan internet of thing ini mampu menggantikan peran manusia untuk melayani tamu di hotel dan restoran yang sudah berlangsung berabad-abad selama ini.

Dan masih banyak lagi sederet contoh disrupsi yang terjadi di era digital saat ini. Jangan-jangan ke depan mau antar paket barang saja bisa pakai drone, kenapa tidak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon