22 Agustus 2020

Manfaat Forum Bisnis dan Investasi


Forum bisnis dan investasi adalah tempat menjadi ajang pertemuan para pelaku usaha dari berbagai macam bidang usaha. Forum bisnis dan investasi secara ruang lingkup ada yang berskala regional, nasional, dan internasional.

Forum bisnis dan investasi memiliki manfaat baik bagi investor sebagai pemilik modal maupun bagi para pelaku bisnis. Sayangnya, informasi seputar forum bisnis dan investasi masih belum banyak tersedia sehingga seseorang harus mencari sendiri informasi tersebut. Periode waktu forum umumnya diselenggarakan secara bulanan, semesteran dan tahunan.

Manfaat pentingnya forum bisnis dan investasi adalah pada saat seseorang memiliki ide bisnis dan sudah menyiapkan proposal bisnis secara lengkap seperti riset pasar, feasibility study, dan business plan namun belum memiliki dana untuk memulai, maka forum bisnis dan investasi bisa menjadi tempat menemukan calon investor yang berminat. Di samping itu, bagi investor yang memiliki modal tapi bingung mencari lahan bisnis dan investasi untuk memutar uangnya, maka forum bisnis dan investasi bisa menjadi saluran yang tepat untuk menemukan lahan atau peluang bisnis yang diinginkan.

Forum bisnis investasi regional biasanya diadakan oleh asosiasi pelaku bisnis, Pemerintah Daerah (Pemda), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Daerah.  Jadi, forum pertemuan bisnis dan investasi seperti yang diselenggarakan oleh Pemda, HIPMI Daerah, BKPM dan Asosiasi Pelaku Usaha bisa menjadi salah satu referensi.  Acara Regional Investment Forum biasanya diadakan secara tahunan.

Forum Bisnis Nasional biasanya diadakan oleh asosiasi pelaku bisnis, asosiasi bisnis Departemen Perdagangan dan Perindustrian seperti Kamar Dagang dan Industri (KADIN), dan HIPMI Pusat. Acara pameran bisnis dan investasi kerap juga menjadi forum tidak langsung untuk bisnis dan investasi.

Forum bisnis internasional biasanya diadakan oleh kementerian dan lembaga pemerintah Indonesia seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, dan Lembaga BKPM. Beberapa contoh forum bisnis yang diadakan secara internasional adalah Mandiri Investment Forum, International Travel Fair, World Economic Forum, China International Fair for Investment and Trade, Indonesia-Australia Business Roundtable, The International Business Networking Event “The Global World”, dan masih banyak lagi.

Dan satu lagi informasi penting yaitu forum bisnis dan investasi secara online. Forum bisnis dan investasi online bisa tersedia di berbagai platform aplikasi social media dan situs internet. Bergabunglah di berbagai forum online seputar bisnis dan investasi, misalnya di Facebook, Whatsapp, Telegram, Instagram, dan Google Plus. Sering-seringlah melakukan browsing internet terutama di situs-situs pemerintah dan lembaga investasi untuk mencari informasi forum bisnis dan investasi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon