27 Agustus 2020

Cara Tune Up Mobil BMW



Mobil BMW yang memiliki kualitas prima antara lain kondisi mesin halus tidak pincang, bau gas buang beraroma wangi khas pertamax, akselerasi dan tarikan mantap, transmisi lembut, handling enak, sistem pengereman pakem, kabin sejuk, audio bersuara jernih, konsumsi bahan bakar relatif irit, suspensi empuk, kabin kedap suara, kecepatan tinggi di atas 100 kph masih nyaman dan stabil, dan lain-lain. Namun, bila mobil BMW memiliki keluhan pada salah satu atau beberapa variabel di atas, maka mobil BMW tersebut perlu dilakukan servis tune up.

Servis tune up adalah servis yang dilakukan pada mobil BMW untuk mengembalikan kondisi mobil agar menjadi prima kembali. Biasanya servis tune up mobil BMW meliputi penggantian oli, pembersihan ruang bakar mesin, penggantian busi, pembersihan filter udara, dan pembersihan filter bensin. Cara tune up mobil BMW bisa dilakukan di bengkel khusus BMW atau dilakukan sendiri di rumah (Do It Yourself). Berikut cara tune up mobil BMW berbagai seri dan tahun.

Ganti oli secara rutin merupakan salah satu servis tune up mobil BMW agar kondisi mesin menjadi segar kembali. Oli yang biasa diganti adalah oli mesin, oli power steering, minyak rem, dan oli persneling atau transmisi. Oli mesin merek apapun ada yang berjenis 15w/30 (encer), 10w/40 (sedang) dan 15w/50 (kental), pilih sesuai selera. Cara mengganti oli mesin cukup dilakukan dengan mendongkrak bagian depan mobil, lalu membuka baut carter oli mesin paling bawah, dan menampung oli mesin yang lama. Setelah oli mesin dikuras, kadang bisa sekalian melakukan oil engine plush menggunakan oli khusus plush engine. Setelah selesai plush engine, isilah oli mesin yang baru berkapasitas antara 4 liter sampai 6 liter tergantung kapasitas silinder mesin. Biasanya penggantian oli mesin diikuti dengan penggantian filter oli mesin, segera ganti filter oli pada saat penggantian oli mesin. Untuk oli power steering dan oli transmisi dilakukan penggantian apabila sistem power steering dan transmisi sudah terasa kurang optimal. Cara mengganti oli power steering dan minyak rem cukup dilakukan dengan menyedot sampai bersih oli lama pakai selang secara manual (atau menggunakan mesin sedot khusus), lalu isi oli power steering dan minyak rem (Dot 4) yang baru.

Servis pembersihan ruang bakar mesin adalah salah satu cara tune up mobil BMW. Servis dilakukan dengan membongkar separo mesin dan atau tanpa membongkar mesin separo dengan alat gurah mesin khusus. Di sini akan diulas cara cara membersihkan ruang bakar menggunakan alat gurah khusus. Cara membersihkan ruang bakar mesin bisa dilakukan tanpa membongkar mesin separo. Alat gurah mesin nan murah yang digunakan berbentuk selang suntikan berkapasitas 100 mili. Masukan cairan pembersih khusus ke dalam suntikan, lalu masukan selang melalui lubang busi mobil. Sebelum menyuntikan cairan pembersih ruang bakar mesin, pastikan sudah melepas busi, koil busi, dan soket kabel injektor. Bila sudah dilepas, segera suntikan cairan pembersih ruang bakar mesin antara 60 mili sampai 120 mili per lubang busi. Diamkan selama 30 menit, lalu sedot kembali cairan pembersihnya sampai bersih menggunakan alat suntikan tadi. Kelihatan cairan pembersih berubah warna menjadi kehitaman. Sebelum memasang kembali busi, koil busi dan soket kabel injektor, nyalakan mesin beberapa kali dengan tujuan untuk membuang sisa-sisa kotoran di ruang bakar. Setelah itu baru memasang kembali busi, koil busi dan soket kabel injektor.

Servis busi juga salah satu cara tune up mobil BMW. Busi mobil BMW berjumlah 4 sampai 12 tergantung kapasitas silinder mesin. Busi perlu dibersihkan apabila tampak kotor. Namun, bila kepala busi sudah berkerak hitam pekat dan hampir habis maka harus diganti. Jenis busi BMW pun khusus, jadi jangan salah pilih, dan biasanya busi BMW menggunakan merk Bosch. Oya, tren busi saat ini sudah menggunakan jenis iridium, jadi bisa sekalian dicoba.

Pembersihan filter udara sangat mudah, cukup dengan membuka box filter udara, lalu ambil dan bersihkan filter udara tersebut sampai bersih. Apabila kondisi filter udara sudah kotor sekali dan sulit dibersihkan, sebaiknya filter udara segera diganti.

Pembersihan filter bensin bisa dilakukan dengan mencopot filter bensin terlebih dahulu. Letak filter bensin berada di bagian paling bawah tangki bensin. Copot selang yang terpasang di filter bensin, lalu bersihkan filter oli bensin. Setelah selesai dibersihkan, pasang kembali dengan kencang.

Demikian sedikit sharing mengenai cara tune up mobil BMW. Tune up mobil BMW boleh dilakukan di bengkel khusus BMW atau juga boleh dilakukan sendiri di rumah (Do It Yourself).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon