14 Juli 2020

Produksi, Distribusi, dan Konsumsi


Siapa yang tak kenal dengan kegiatan Produksi, Distribusi, dan Konsumsi. Ketiganya merupakan kegiatan utama dalam perekonomian suatu negara. Tanpa ketiga kegiatan ekonomi tersebut, tidak akan ada yang namanya pertumbuhan ekonomi, keuntungan, dan produk domestik bruto dalam suatu negara. Baiklah, berikut akan diulas secara singkat tentang ketiga kegiatan ekonomi tersebut. 

Produksi adalah kegiatan ekonomi untuk mengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi barang jadi yang siap dijual atau dikonsumsi. Produksi melibatkan banyak tenaga kerja dalam prosesnya. Sistem dan manajemen yang mendukung produksi sangat dibutuhkan agar hasil akhir menjadi bagus. Jelas sekali di sini kalau produksi mampu membuat sebuah barang menjadi bernilai tambah. Dari barang yang bernilai IDR1.000 menjadi barang yang bernilai IDR10.000. Contoh produksi adalah pengolahan kayu lapis, pengolahan biji besi, dan lain-lain. 

Distribusi adalah kegiatan ekonomi untuk menyalurkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Tujuan distribusi adalah untuk menunjang kegiatan ekonomi lainnya seperti produksi dan konsumsi. Distribusi menjamin ketersediaan pasokan barang yang dibutuhkan. Barang yang disalurkan bisa berbentuk bahan mentah cair dan padat, dan bisa berbentuk barang jadi. Dalam kegiatan distribusi melibatkan 2 hal pokok yaitu gudang dan alat transportasi. Contoh distribusi bahan mentah kayu sengon untuk produk kayu lapis, dan distribusi produk jadi rokok. 

Konsumsi adalah kegiatan ekonomi menggunakan barang atau jasa yang sudah tersedia. Konsumsi bisa dilakukan oleh publik dan bisa juga institusi pemerintah atau swasta. Konsumsi sangat penting peranannya dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi. Semakin banyak orang atau lembaga yang mengkonsumsi suatu barang atau jasa maka akan menciptakan pertumbuhan ekonomi bagi negara tersebut. Jadi jangan terlalu pelit untuk mengkonsumsi suatu barang atau jasa. Anda hanya tinggal memilih produk atau jasa mana yang diinginkan dan dibutuhkan. 

Dengan memahami ketiga aktifitas utama dalam perekonomian suatu negara tersebut diatas, diharapkan dapat membantu Anda mengambil keputusan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Anda bisa mengambil peran dalam hal produksi, distribusi atau konsumsi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon