15 Juli 2020

Kunci Rahasia Closing Penjualan


Di dunia pemasaran banyak hal yang bisa mempengaruhi seseorang untuk membeli atau tidak suatu produk atau jasa. Dari kacamata tenaga pemasar, ada hal-hal yang harus jeli untuk digali agar bisa melakukan closing penjualan. Berikut penulis beberkan kunci rahasia closing penjualan. 

Taklukan Pikiran Customer 

Kunci rahasia pertama untuk closing penjualan adalah taklukan pikiran customer. Pengertian menaklukan pikiran di sini bukan menunjukan diri Anda lebih superior dari customer melainkan Anda bisa menjawab segala pertanyaan yang diajukan customer. Agar bisa menjawab berbagai pertanyaan customer, Anda harus menguasai product knowledge. 

Product knowledge disini meliputi segala hal tentang produk perusahaan Anda dan perusahaan pesaing. Dengan begitu Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. 

Dalam menjelaskan keunggulan dan kelemahan suatu produk, Anda harus terampil dalam menentukan waktu yang tepat untuk menyampaikannya. Dengan kata lain Anda harus menjadi seorang negosiator ulung. 

Customer yang menjadi target penjualan harus jelas informasi awalnya seperti profil bisnis, profil pinjaman dan rencana bisnis. Untuk mendapat informasi tersebut tentu harus melakukan survei pendahuluan dan riset pasar. 

Taklukan Hati Customer 

Kunci rahasia kedua closing penjualan adalah taklukan hati customer. Pengertian menaklukan hati di sini bukan berarti Anda menjalin hubungan spesial dengan customer Anda, melainkan Anda bisa meyakinkan hati dan menarik hati customer. 

Bagaimana caranya agar bisa customer yakin dan tertarik pada Anda, tentu Anda harus mempersiapkan penampilan yang oke, menunjukan bahasa tubuh yang hangat, menjadi pendengar yang baik, meyakinkan customer terhadap segala kegundahan yang menyelimuti hatinya. 

Sikap Anda sangat mempengaruhi hati customer. Sebagus apapun pengetahuan Anda tanpa didukung sikap yang tepat di depan pelanggan maka hal itu menjadi sia-sia. 

Cara melatih agar Anda lihai menaklukan hati customer adalah sering melakukan pemasaran ke banyak orang. Dari situ Anda bisa menilai karakter customer adalah berbeda-beda. 

Tentu masih banyak kunci rahasia pendukung closing penjualan. Tetapi yang pokok adalah dua hal yang sudah disebutkan di atas. Agar tahu terbukti atau tidaknya kunci rahasia tersebut, Anda harus mencobanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon