15 Juli 2020

Dampak Latte Factor Terhadap Keuangan Anda


Di tengah krisis ekonomi akibat pandemi covid-19, sikap berhemat menjadi pilihan utama. Kadang orang keasyikan dan tidak sadar terhadap pengeluaran yang kecil-kecil. Pengeluaran yang tidak penting meski nominal kecil jika diakumulasikan dalam kurun waktu tertentu menjadi besar jumlahnya. Itulah yang dinamakan Latte Factor. Di sini penulis akan mengulas dampak Latte Factor terhadap keuangan Anda. 

Latte Factor adalah pengeluaran bernominal kecil tanpa disadari dilakukan oleh seseorang mengakibatkan pemborosan. Contohnya adalah pengeluaran untuk membeli secangkir kopi, permen, dan sebagainya. 

Jelas sekali di situasi sulit sekarang ini, Latte Factor berdampak kurang sehat terhadap keuangan Anda. Perlu kesadaran untuk memperbaikinya, terutama sekali dimulai dari yang kecil-kecil. 

Meskipun demikian, tidak semua orang mengabaikan latte factor, buktinya kalau ada uang sisa maka disimpan di celengan tabungan. Sikap seperti inilah yang perlu dipupuk saat ini mengingat kebutuhan akan uang cash sangat penting. 

Berikut beberapa pengeluaran kecil yang bisa dikatakan sebagai latte factor sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari antara lain membeli secangkir kopi, memberi uang tips, tidak mengambil uang kembalian belanja, membeli permen, menyalakan lampu rumah yang tidak perlu dan di waktu yang tidak tepat, telat mematikan air sanyo, telat mematikan lampu rumah, membeli paket data untuk menonton video YouTube yang tidak penting, membeli barang yang tidak dibutuhkan, membeli makanan yang tidak diinginkan, menyalakan tv tapi tidak ditonton, ngecharge smartphone terlalu lama, menyalakan AC ruangan tapi ditinggal, membeli bensin kendaraan digunakan untuk bepergian yang tidak penting, membeli rokok, dan masih banyak lagi contoh lainnya. 

Yuk mari berhemat di masa pandemi. Sekecil apapun tindakan Anda sangat bermanfaat bagi kesehatan keuangan. Pengeluaran-pengeluaran kecil bisa dialihkan ke pos pengeluaran lain yang lebih penting dan mendesak terutama sekali untuk kebutuhan primer seperti makanan kebutuhan pokok. 

Meski tidak bisa membuat Anda langsung kaya mendadak, setidaknya merencanakan pengeluaran yang kecil-kecil akan membantu Anda untuk menuju kesuksesan dan kekayaan yang diimpikan. Seperti kata pepatah berhemat sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon