11 Juni 2020

Ganti Kartu ATM Lama dengan Model Chip


Sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk menerapkan kartu ATM berbasis chip secara penuh pada akhir tahun 2021, segera ganti kartu ATM model pita magnetik dengan model chip agar semakin aman dalam bertransaksi. Salah satu kelemahan kartu ATM model pita adalah gampang direkam menggunakan alat khusus yang biasa digunakan oleh para pelaku tindak kriminal skimming. 

Kartu ATM disini adalah kartu yang biasa Anda gunakan di mesin ATM berlogo bank untuk melakukan transaksi tarik tunai, setor tunai, transfer, pembayaran cicilan, dan lain-lain. Kartu ATM generasi pertama yang beredar adalah kartu yang menggunakan model pita. Model ini sudah waktunya diganti karena sangat rentan terhadap perekaman data oleh pencuri. 

Cara mengganti kartu ATM lama Anda sangat mudah. Anda tinggal datang ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa kartu atm dan kartu identitas KTP/SIM atau paspor. 

Nah untuk kartu ATM model baru yang menggunakan chip sangat aman dari tindak kriminal perekaman data. Tingkat keamanan pada kartu chip dilengkapi dengan kode rahasia dan data yang sudah terenkripsi. Menurut data Bank Indonesia, jumlah pengguna kartu ATM di Indonesia sudah mencapai 167 juta pengguna pada tahun 2018. Tentu jumlah tersebut semakin meningkat dari tahun ke tahun. 

Salah satu bank blue chip seperti Bank BCA dan BRI mengatakan belum semua nasabah mengganti kartu ATM nya ke kartu berbasis chip. Sebagian dari mereka masih menggunakan kartu ATM model lama berjenis pita magnetik. Bank BCA sendiri baru sekitar 70% nasabahnya yang menggunakan kartu ATM berbasis chip yaitu sebesar 20 juta kartu debit ATM. Sedangkan Bank BRI baru sekitar 60% nasabah yang menggunakan kartu ATM berbasis chip. 

Namun penggunaan kartu ATM ke depan lebih diarahkan untuk setor tunai pada mesin atm dan berbelanja pada merchant yang sudah bekerja sama. Karena untuk transaksi transfer dan cek saldo rekening bank cukup dengan menggunakan aplikasi m-banking pada smartphone. Caranya Anda tinggal menginstal aplikasi m-banking dengan mengunduh di Google Play Store dan Apple Play Store melalui smartphone Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon