10 Juni 2020

Singapura Membatasi Usia Mobil 10 Tahun


Di Singapura kendaraan roda empat atau mobil dibatasi usia pemakaiannya dengan tujuan meminimalkan polusi udara dan mengutamakan keselamatan pengendara. Hal ini bisa dilihat dari langit dan atmosfir Singapuran yang sangat bersih. 

Berbagai jenis kendaraan mobil yang dibatasi usianya adalah jenis sedan, minibus, pickup dan truk. Usia pemakaian maksimal 10 tahun sejak tahun perakitan atau produksi. Setelah melewati usia 10 tahun, mobil akan dihancurkan di gudang penyimpanan mobil. Misalnya kendaraan mobil Anda diproduksi pada tahun 2010, maka batas usia kendaraan maksimal bisa dipakai sampai tahun 2020. 

Namun tidak sedikit sparepart eks Singapura dipasarkan lewat jalur black market ke Indonesia. Mungkin Anda sering mendengar mesin atau onderdil eks Singapore. Ya itu adalah belahan atau kampakan dari mobil yang sudah kadaluarsa di Singapura. 

Singapura dikenal sebagai negara yang sangat ketat soal aturan. Tidak heran negara kecil tersebut mempunyai tingkat daya saing global nomor satu di dunia, disusul Amerika Serikat. 

Apakah mobil bekas Singapura bisa dibeli oleh warga Indonesia? Jelas aturan sekarang tidak diperbolehkan. Mobil-mobil kadaluarsa tersebut akan dihancurkan menggunakan mesin pemotong atau kendaraan alat berat di gudang mobil bekas. 

Sebagai perbandingan di Indonesia, pembatasan usia kendaraan maksimal 25 tahun masih sebatas wacana. Beberapa kali pihak Kakorlantas Polri mensosialisasikan hal tersebut namun hingga sekarang belum diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Dampak positif yang lain dari pembatasan usia kendaraan adalah banyak masyarakat yang beralih menggunakan moda transportasi publik seperti bus dan kereta api. Bisa Anda lihat sendiri di Singapura betapa banyak warga yang menggunakan moda transportasi yang murah dan bersih tersebut. Efek lanjutannya tingkat kemacetan jarang terjadi di Singapura. Dengan demikian ungkapan waktu adalah uang memang sangat dihargai di sana. 

Sedangkan dampak negatif lebih kepada jatuhnya bisnis mobil bekas di negara tersebut. Efek lanjutan bisnis perdagangan suku cadang mobil bekas pun kurang begitu menggiurkan. Karena banyaknya mobil keluaran baru memberi garansi servis gratis hingga 5 tahun.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon