11 Juni 2020

Dimulai Aja Dulu!


Not Action Talk Only alias omong doang. Bisa berpikir dan berencana harusnya juga bisa beraksi, betul bukan? Tidak sedikit dari kita terlalu banyak berencana, berpikir, tapi malas untuk memulai sesuatu. Misalnya saja Anda mau berbisnis sesuatu, tanpa perencanaan yang matang bisa jadi usaha Anda sia-sia. Begitu sebaliknya, perencanaan yang matang tanpa realisasi hanya menjadi secarik kertas yang berujung di tempat sampah! 

Penulis mau fokus pada mental dan semangat untuk meraih sesuatu yang diinginkan. Ada ungkapan terkenal bahwa musuh terbesar manusia adalah kemalasan itu sendiri. Karena itu kalahkan rasa malas Anda, maka kesuksesan pun akan diraih. 

Anda punya segudang ide, bila ditulis menjadi buku pun tidak akan cukup menampung banyaknya ide bisnis Anda. Kenapa? Karena yang dibutuhkan itu tidak hanya ide cemerlang tapi juga pelaksanaannya. Sampai disini paham kan? 

Ingat kan pesan penting almarhum Pengusaha Bob Sadino? Yang paling penting dalam berusaha itu adalah dengan memulainya. Sampai kiamat pun Anda tidak akan memiliki bisnis kalau tidak memulainya. 

Mau buka usaha sewa lapangan futsal, lahan sudah ada tapi bingung cara membangunnya. Kalau modal belum cukup, jangan berhenti sampai disitu, dimulai aja dari bisnis kecil-kecilan dengan memanfaatkan lahan yang sudah ada, misalnya dengan membuka warung makan, atau jasa cucian motor, usaha laundry, pembibitan ikan air tawar, dan masih banyak lagi. Keuntungan yang diperoleh bisa disisihkan untuk membeli bahan material untuk membangun lapangan futsal yang Anda idamkan. 

Contoh lain lagi, Anda mau buka restoran, peralatan dapur dan furniture sudah lengkap tapi tidak memiliki lahan. Jangan berhenti sampai disitu, Anda bisa menyewa tanah pekarangan kosong dengan harga yang terjangkau. Membangunnya pun dengan konsep tradisonal dan sederhana. Yang paling pokok dalam usaha restoran atau rumah makan adalah rasa dan kebersihan. 

Lagi, Anda mau buka showroom mobil bekas. Anda memiliki keahlian memperbaiki kendaraan, memiliki peralatan bengkel yang lengkap, memiliki keahlian dalam pemasaran tapi tidak memiliki cukup dana. Jangan berhenti sampai disitu. Anda bisa mengajak kerjasama teman atau pasangan Anda untuk meminjamkan dana sebagai modal mencari dagangan mobil. Sebagai imbalan Anda bisa memberi bagian keuntungan dalam bentuk persenan yang bila dibandingkan dengan bunga deposito lebih besar persenan penjualan mobil dagangan. 

Masih banyak contoh di dunia nyata yang bisa dijadikan sebagai guru yang baik bagi Anda yang ingin sukses dalam berbisnis. Yang paling penting dimulai aja dulu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon