12 Juni 2020

Blogger Vs Vlogger


Vlogger adalah sebuah profesi bagi seseorang yang berkecimpung di dunia pembuatan konten kreator video berbagi YouTube. Sedangkan Blogger adalah sebuah profesi bagi seseorang yang berkecimpung di dunia tulis menulis kemudian membagikannya melalui media internet berupa blog. 

Sejak awal kemunculan blog, profesi blogger sangat digemari para pecinta jurnalistik. Disamping menyalurkan hobi menulis juga dapat mendatangkan penghasilan melalui Google Adsense. Sama halnya dengan Blogger, seorang Vlogger di satu sisi bisa mengekspresikan dirinya melalui sebuah video dan di sisi lain mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. 

Beberapa tahun belakangan ini profesi Blogger hampir tenggelam oleh keberadaan Vlogger. Dari sisi pendapatan, profesi seorang Vlogger lebih menjanjikan daripada seorang Blogger. Lihat saja banyak artis kenamaan Indonesia yang beralih profesi menjadi seorang YouTuber (Vlogger). Disamping mudah menarik jumlah subscriber, artis juga lebih familiar dengan dunia kamera sehingga lebih cepat melejit daripada seorang Youtuber amatiran. 

Sebut saja YouTuber Indonesia seperti Rans Entertainment, Baim Paula Channel, Ria Ricil Official, Fitra Eri, Panji Petualang, Alip Bata, dan masih banyak lagi. Belum lagi YouTuber luar negeri seperti Paul Loghan, PwiDiePie, Mr Beast, dan lain-lain. Mereka memiliki penghasilan dari Google Adsense dan iklan endorse sampai miliaran rupiah per bulan. Segampang itukah seorang Blogger bisa menyamai penghasilan seorang Vlogger? 

Sementara penghasilan seorang Blogger hanyak mencapai jutaan rupiah per bulan. Sebut saja Blogger Indonesia yang dulu sempat berjaya namun sekarang hampir tenggelam seperti mbak Lidya (Pendiri Forum Indonesian Adsense Publisher Discussion), Iwan Banaran, Dian Umbara, dan masih banyak lagi. Tidak banyak Blogger Indonesia yang terkenal di layar kaca, mungkin mereka lebih dikenal lewat tulisan-tulisannya di dunia blog maya. Sementara blogger luar negeri yang terkenal adalah Gina Lifehacker, yang mana penghasilannya mencapai ratusan juta rupiah per bulan atau miliaran rupiah dalam setahun. 

Namun dari sisi kuantitas konten, jelas lebih banyak tulisan Blogger daripada konten video Vlogger di internet. Coba cek saja di mesin pencarian Google dan Bing, maka banyak muncul tulisan-tulisan blogger daripada video vlogger. Sebagian Blogger memang lebih mengutamakan sharing informasi daripada mencari penghasilan. 

Untuk Vlogger, semakin banyak konten video dan jumlah subscriber maka makin meningkat jumlah penghasilan bulanannya. Sedangkan Blogger semakin banyak jumlah visitor dan semakin sering memposting tulisan di blog maka semakin tinggi penghasilannya dari blog. Hanya saja tetap masih tinggi penghasilan seorang YouTuber (Vlogger) daripada seorang Blogger. 

Nah tinggal dari sisi mana Anda melihat, lebih berjaya Vlogger atau Blogger?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon