04 Juni 2020

Ez Link Satu Kartu Transportasi Terintegrasi





Dengan satu kartu Ez Link, Anda bisa bepergian ke mana saja menggunakan transportasi darat yang ada di wilayah Singapura. Moda transportasi publik seperti bus dan kereta MRT cukup menggunakan satu kartu Ez Link. Kartu tersebut bisa dibeli digerai-gerai stasiun MRT atau di toko-toko swalayan yang berada di Singapura. Kartu tersebut dapat diisi ulang sesuai kebutuhan. Ya, Ez Link satu kartu transportasi terintegrasi.


Penulis pernah mengamati langsung bagaimana masyarakat di sana menggunakan kartu Ez Link. Rute-rute bepergian di wilayah Singapura sangat tertata rapi karena terhubung dengan moda transportasi public seperti bus, kereta MRT dan LRT. Tujuan Anda mau ke pusat perbelanjaan, stasium kereta MRT, pusat perkantoran, objek wisata, atau bandara? Ke manapun Anda pergi, semuanya terhubung dengan moda transportasi yang terintegrasi yaitu bus dan MRT.

Harga pertama kali beli kartu Ez Link tersedia beberapa opsi harga mulai dari harga IDR100.000 sampai IDR300.000. Tentu transaksi menggunakan mata uang dollar Singapura, yang dikursrupiahkan menjadi sekitar IDR10.000 per dollar Singapura. Oya, minimal nominal Rupiah yang bisa ditukar ke dollar Singapura di money changer jalanan Singapura adalah IDR50.000.

Cara menggunakan kartu Ez Link Anda hanya tinggal menempelkan kartu tersebut pada tempat yang sudah disiapkan. Kartu Ez Link mirip dengan kartu e-money berbasis chip yang dikeluarkan perbankan Indonesia seperti Flazz BCA, Tapcash BNI, Brizi BRI, Mandiri e-money, dan lain-lain.

Sebagai contoh, Anda bepergian menggunakan bus dari pusat wisata kota Singapura di Marlion Park. Kemudian Anda mau bepergian ke pusat perkantoran di Commercial Center Robinson Center, lalu pergi ke Universal Studios serta bandara. Pembayaran cukup menggunakan satu kartu Ez Link, dan semua terhubung dengan moda transportasi public seperti bus dan MRT.

Namun salah satu kelemahan kartu Ez Link tidak bisa digunakan untuk berbelanja seperti halnya kartu kredit, kartu debit, dan e-money. Demikian ulasan singkat satu kartu Ez Link semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin berpergian ke Singapura atau stakeholder yang berkepentingan dengan penyusunan kebijakan moda transportasi publik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon