05 Juni 2020

BCA GPN vs BCA Mastercard


Kartu debit atau ATM sudah menjadi gaya hidup masyarakat masa kini. Tak terkecuali Bank Central Asia (BCA) mengeluarkan kartu debit dengan nama BCA GPN dan BCA Mastercard. Apa itu dan apa perbedaannya?

Kartu ATM BCA GPN merupakan kartu ATM yang diterbitkan oleh PT Bank Central Asia Tbk dan bisa digunakan untuk berbelanja di berbagai supermarket yang sudah bekerjasama. Hanya saja BCA berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) hanya bisa digunakan berbelanja di dalam negeri. Sedangkan kartu ATM BCA Mastercard bisa digunakan untuk berbelanja baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Penggunaan kartu ATM BCA bisa digunakan di mesin ATM dan berbagai merchant yang terdapat mesin EDC. Di mesin ATM, kartu ATM BCA bisa digunakan untuk Tarik tunai, transfer, isi pulsa, bayar tagihan listrik, tagihan angsuran, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk kartu ATM BCA Mastercard bisa digunakan di luar negeri (sekitar 80 negara di dunia). Misalnya saja Anda sedang berada di Singapura dan hendak bertransaksi dalam mata uang dollar singapura, Anda tinggal Tarik tunai di mesin ATM yang ada logo Mastercard. Gampang bukan.

Untuk limit transaksi berbeda-beda, tergantung jenis kartu yang Anda pilih sewaktu membuka tabungan. Ada pilihan kartu ATM BCA jenis silver, gold, dan platinum. Untuk ketentuan besarnya dana yang bisa ditarik tunai dan transfer akan selalu berubah tergantung kebijakan bank.

Kartu ATM BCA jenis Silver (sekarang blue) memiliki limit transaksi tarik tunai IDR10 juta, transfer antarrekening BCA IDR50 juta, transfer antarbank IDR15 juta, berbelanja kartu debit IDR50 juta, dan setor tunai IDR25 juta.

Kartu ATM BCA jenis Gold memiliki limit transaksi tarik tunai IDR10 juta, transfer antarrekening BCA IDR75 juta, transfer antarbank IDR20 juta, berbelanja kartu debit IDR75 juta, dan setor tunai IDR40 juta.

Kartu ATM BCA jenis Platinum memiliki limit transaksi tarik tunai IDR10 juta, transfer antarrekening BCA IDR100 juta, transfer antarbank IDR25 juta, berbelanja kartu debit IDR100 juta, dan setor tunai IDR50 juta.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon