13 Juni 2020

Budidaya Ikan Patin di Drum Plastik


Pandemi Covid-19 membuat semua orang terdampak apapun latar belakang pekerjaan atau bisnisnya. Akibatnya banyak yang tidak memiliki penghasilan. Sebagai alternatif solusi dalam meningkatkan ketahanan pangan ekonomi keluarga, maka diperlukan sebuah usaha berupa budidaya. 

Budidaya yang dilakukan bisa berupa budidaya ikan patin. Tujuan awal dilakukan budidaya ikan perlu ditetapkan, apakah untuk dijual kembali atau untuk konsumsi. Dalam hal ini, penulis memaparkan budidaya ikan patin untuk konsumsi sendiri. 

Wadah untuk menaruh benih ikan patin tidak harus di kolam luas. Cukup dengan drum plastik berkapasitas 60 liter dan 200 liter Anda sudah dapat menaruh benih ikan patin sebanyak 100 ekor per drum plastik. 

Modal awal yang diperlukan untuk mempersiapkan bahan antara lain untuk membeli benih ikan patin, membeli drum plastik kapasitas 60 liter dan 200 liter, serta pakan pelet ikan 5 kilogram. Biaya benih ikan patin sebanyak 200 ekor sebesar 200 ribu rupiah, biaya pembelian drum plastik kapasitas 60 liter seharga 100 ribu rupiah dan kapasitas 200 liter seharga 200 ribu rupiah, serta pakan pelet ikan 75 ribu rupiah untuk 5 kilogram. Jadi total dana yang dibutuhkan sebesar 575 ribu rupiah. 

Setelah semua bahan siap maka benih siap ditabur di drum plastik yang sudah diisi air bersih. Usahakan pemberian pakan pelet dilakukan 2 hari setelahg pengisian benih ikan di drum plastik. Hal ini untuk menghindari agar ikan tidak stres. 

Modal awal memang agak besar di pembelian drum plastik, tapi untuk selanjutnya yang dibutuhkan Cuma dana pembelian benih ikan. Perlu Anda ketahui benih ikan 200 ekor apabila kelak panen tiba bisa untuk menu konsumsi makan selama 7 bulan. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa kita hemat bila membeli ikan patin siap konsumsi. 

Harap diingat, setiap drum plastik diisi 100 ekor benih ikan patin. Karena panen ikan patin berkisar antara 4 bulan sampai 6 bulan. Untuk pengisian drum plastik dengan benih ikan pun tidak boleh bersamaan. Isilah dahulu drum plastik kapasitas 60 liter sebanyak 100 ekor. Jika sudah mencapai waktu 2 bulan maka benih dipindahkan ke drum plastik kapasitas 200 liter. Nah pada saat pemindahan, otomatis drum kapasitas 60 liter jadi kosong, maka diisi kembali dengan benih ikan patin yang baru. 

Demikian panduan singkat budidaya ikan patin di drum plastik, semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon