Senin, 02 Juli 2018

10 Aplikasi Akuntansi dan Perpajakan Online

Tags


Sektor keuangan sudah mengadopsi teknologi ke dalam praktik bisnisnya. Saat ini dan ke depan akan banyak bermunculan pengusaha digital (startup) yang menawarkan layanan keuangan online mulai dari akuntansi dan perpajakan online, sistem pembayaran online, pinjaman online, platform peer to peer (P2P) lending, platform crowdfunding dan crowdlending, dan jasa keuangan online lainnya. Teknologi penyedia layanan finansial, atau biasa dikenal dengan istilah  fintech merupakan salah satu ranah yang sedang maju pesat di Indonesia dan negara lain. Salah satu pelecutnya adalah sektor keuangan yang notabene merupakan masalah yang dihadapi semua orang dari berbagai latar belakang usia dan pekerjaan. Penulis akan membedah 10 aplikasi akuntansi dan perpajakan online yang merupakan karya para pelaku industri keuangan berbasis teknologi (fintech). Berikut adalah situs penyedia layanan akuntansi dan perpajakan online yang perlu Anda ketahui.

PPOB Indonesia

PPOB Indonesia adalah situs aplikasi berbasis web yang memberi layanan pembayaran tagihan online seperti PLN, telepon, air PDAM, pulsa, tiket pesawat, tiket kereta api, angsuran leasing, dan BPJS. Sistem pendaftaran dilakukan secara online untuk mendapatkan agen loket Anda, dan download aplikasi yang disediakan. PPOB Indonesia didirikan oleh perusahaan online bernama PPOB Indonesia, dan baru beroperasi tahun 2017. Perusahaan digital ini belum mencantumkan lencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di situsnya. Situs PPOB Indonesia beralamat di https://ppobindonesia.co.id

Jurnal

Jurnal adalah software aplikasi berbasis web dan andorid untuk akuntansi para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa membuat dan mengelola faktur, aset, inventori, dan gudang secara online. Jurnal dibuat oleh perusahaan bernama PT Jurnal Consulting Indonesia di bawah CEO Daniel Witono, dan mulai beroperasi tahun 2014. Alamat kantor Jurnal berlokasi di Jakarta. Pada tahun 2016, Jurnal telah mendapat pendanaan seri A (saham preferen) dari perusahaan modal ventura seperti East Ventures, Fenox, dan seorang Angel Investor Budi Setiadharma. Situs Jurnal beralamat di https://jurnal.id.

Jojonomic

Jojonomic adalah aplikasi software berbasis web dan android dimana data disimpan di server cloud. Jojonomic memberi layanan keuangan online berupa mobile reimbursement kepada klien perusahaan. Aplikasi ini menggunakan platform SaaS yang sudah mendunia. Jojonomic didirikan pada tahun 2016 dan mendapat pendanaan Seri A (saham preferen) sebesar 1,5 juta dollar AS, dari Maloekoe Ventures, Golden Gate Ventures, Fenox Venture Capital dan East Ventures. Situs Jojonomic beralamat di https://jojonomic.com.

Sleekr

Sleekr adalah aplikasi software sumber daya manusia dan keuangan berbasis web dan android yang menggunakan platform bisnis untuk para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah di Indonesia. Sleekr didirikan oleh perusahaan yang bernama PT Mid Solusi Nusantara pada tahun 2014. Sleekr dalam operasional online bekerja sama dengan rekanan terpilih seperti OnlinePajak, sepulsa, dan kartunama. Situs Sleekr beralamat di https://sleekr.co.

OnlinePajak

OnlinePajak adalah software aplikasi berbasis web dan android untuk perpajakan yang dikembangkan di bawah bendera PT Achilles Advanced System. OnlinePajak didirikan tahun 2014 dan telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai aplikasi pajak resmi dengan Surat Keputusan No. KEP-193/PJ/2015 and No. KEP-72/PJ/2016 untuk membantu perusahaan, konsultan pajak dan keuangan, serta e-commerce. Dengan OnlinePajak Anda dapat melaporkan, menghitung, dan menyetorkan pajak tahunan secara mudah dan cepat. Pengguna situs OnlinePajak berasal dari individu dan perusahaan. Situs OnlinePajak beralamat di https://www.online-pajak.com.

Veryfund

VeryFund adalah software aplikasi berbasis web dan android yang memungkinkan Anda untuk mencatat segala transaksi di semua akun rekening perbankan Anda. VeryFund didirikan oleh perusahaan bernama PT Indiva Finansia Teknologi pada tahun 2015. Situs VeryFund beralamat di https://www.veryfund.co

DompetSehat

DompetSehat adalah aplikasi software berbasi web dan android untuk mencatat pengeluaran, menyusun anggaran masa depan, dan menghubungkan berbagai akun rekening bank. Software ini dibuat oleh PT Indiva Finansia Teknologi, perusahaan yang juga membuat aplikasi Veryfund. Situs DompetSehat beralamat di https://dompetsehat.com.

Kartoo

Kartoo adalah software aplikasi berbasis web dan android yang bisa menampilkan promo kartu debit dan kartu kredit kepada pemegangnya di lokasi dimana dia berada saat itu. Software ini dibuat tahun 2017. Promosi di situs Kartoo sudah mencapai 1.800 dari 16 bank di Indonesia. Jenis kartu debit dan kartu kredit yang dilayani sudah mencapai 265 jenis kartu. Situs Kartoo beralamat di http://www.kartoo.co.

NgaturDuit

NgaturDuit adalah aplikasi berbasis web yang memberi layanan keuangan online berupa membuat anggaran, mencatat pengeluaran, dan mengontrol portofolio investasi. Aplikasi berbasis web ini sudah berjalan sejak tahun 2010. Partner bisnis Ngatur Duit yang terkenal seperti ZAPFinance, Finansia Consulting, dan Indonesia Finance Today. Situs NgaturDuit beralamat di www.ngaturduit.com.

Finansialku 

Finansialku adalah portal dan aplikasi perencana keuangan berbasis web untuk para individu dan keluarga di Indonesia untuk mewujudkan tujuan keuangan dengan perencanaan keuangan yang tepat. Finansialku.com membantu Anda mengenai cara mengatur investasi saham dan reksa dana, asuransi, hingga persiapan masa pensiun. Partner bisnis Finansialku antara lain duitpintar, koinworks, bareksa, dan fintech Indonesia. Finansialku didirikan oleh perusahaan bernama PT Solusi Finansialku Indonesia pada tahun 2017. Situs Finansialku beralamat di https://www.finansialku.com.

Demikian ulasan 10 aplikasi akuntansi dan perpajakan online yang diharapkan dapat membantu Anda memahami dan menggunakan jasa aplikasi akuntansi dan perpajakan online yang tepat dan terpercaya dalam rangka mewujudkan rencana keuangan Anda. Jumlah aplikasi online berbasis teknologi akan terus bertambah dan di saat yang bersamaan juga akan terjadi seleksi alam untuk menghasilkan aplikasi yang tangguh dan kredibel. Penting bagi para pelaku industri jasa keuangan berbasis teknologi untuk memberi transparansi bagi masyarakat dan memperkuat lAndasan hukum kegiatan bisnisnya dalam rangka mencegah penurunan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelaku bisnis keuangan online.


EmoticonEmoticon