Minggu, 01 Juli 2018

21 Situs Pinjaman Online

Tags



Anda bingung mau pinjam uang ke mana?  Tidak perlu bingung, saat ini sudah ada pinjaman online.  Sektor keuangan telah mengadopsi teknologi ke dalam praktik bisnisnya.  Para pelaku usaha online (e-commerce) sudah mulai menawarkan layanan keuangan online seperti pinjaman online, investasi online, akuntansi, perpajakan online, sistem pembayaran online, Peer to Peer (P2P) Lending, Crowdlending, Crowdfunding, dan jasa keuangan online lainnya. Teknologi penyedia layanan finansial, atau biasa dikenal dengan istilah fintech merupakan salah satu ranah yang sedang maju pesat di Indonesia dan negara lainnya. Salah satu pelecutnya adalah isu keuangan yang notabene merupakan isu yang dihadapi siapa saja dari berbagai latar belakang pekerjaan.  Perkumpulan Fintech Indonesia yang diluncurkan tahun 2015 merupakan wadah para pelaku keuangan berbasis teknologi untuk berdiskusi memberi ide konstruktif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Masyarakat sudah makin dimanjakan dengan kehadiran 21 situs penyedia pinjaman online ini.  Namun, masyarakat diharapkan bijak dan hati-hati dalam memilih situs tempat meminjam dana online, perhatikan apakah situs tersebut sudah mengantongi ijin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.  Karena kegiatan apapun yang berkaitan dengan pengumpulan dana dari masyarakat dan penyaluran dana ke masyarakat wajib diketahui dan seijin OJK.  TAnda sebuah aplikasi penyedia pinjaman online sudah mengantongi ijin dan dibawah pengawasan resmi OJK apabila aplikasi  tersebut sudah memasang lencana OJK di aplikasinya baik web maupun android.

Dalam dunia kredit, perlu dipahami alur proses pengajuan kredit secara umum meliputi pengumpulan berkas data, pengisian formulir permohonan, survei pekerjaan atau usaha, appraisal agunan, dan laporan hasil kredit.  Namun pengajuan kredit secara online belum dijelaskan secara detail apakah menggunakan alur pengajuan kredit pada umumnya atau tidak.  Masyarakat diharapkan terlebih dahulu mengumpulkan informasi sebelum memutuskan mengambil pinjaman online, seperti memahami alur pengajuan kredit, kemampuan mengangsur, limit kredit, tenor kredit, dan suku bunga agar tidak muncul masalah di kemudian hari.  Berikut penulis akan mencoba mengulas untuk Anda tentang 21 situs penyedia pinjaman online yang merupakan karya para pelaku industri keuangan berbasis teknologi (fintech) di Indonesia.

Cermati

Yang pertama dalam daftar 21 situs penyedia pinjaman online adalah Cermati. Aplikasi Cermati merupakan aplikasi berbasis web yang menawarkan produk-produk keuangan online seperti Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Mobil, Kredit Mobil Bekas, Kredit Multiguna, Kredit Pemilikan Rumah, Asuransi Mobil, dan Simpanan.  Aplikasi Cermati baru saja diluncurkan tahun 2017 di Indonesia dan merupakan salah satu startup digital.
Dalam menawarkan produk keuangan online, Cermati bekerja sama dengan berbagai perusahaan perbankan dan dealer kendaraan.  Anda disajikan perbandingan berbagai produk dari berbagai bank dan dealer yang sudah bekerja sama dengan Cermati.  Hingga tulisan ini dibuat, Cermati masih belum mencantumkan lencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di situsnya, itu artinya Cermati belum terdaftar secara resmi di OJK.  Alamat situs Cermati adalah https://www.cermati.com. 

CekAja

CekAja adalah aplikasi berbasis web yang melayani pengajuan produk-produk finansial seperti pinjaman, kartu kredit, investasi, dan asuransi. CekAja didirikan tahun 2017 oleh C88, sebuah perusahaan teknologi asal Malaysia.  Sebagai toko finansial tepercaya, CekAja telah melayani lebih dari 20 juta pelanggan.  CekAja juga bekerjasama dengan berbagai lembaga perbankan nasional dalam produk finansial online yang ditawarkan.  Bertransaksi dengan CekAja dijamin aman karena diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan Fintech Indonesia.  Khusus untuk produk asuransi, CekAja telah bekerja sama dengan Premiro.com sebagai pemegang lisensi broker asuransi resmi.  Alamat situs CekAja adalah https://www.cekaja.com.  

Pinjam

Pinjam adalah aplikasi berbasis web yang melayani Anda untuk keperluan pinjaman usaha dan gadai instant.  Pinjam sudah memperoleh ijin dari Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2017.  Jadi Pinjam adalah salah satu perusahaan startup digital di Indonesia dalam bidang keuangan.  Alamat situs Pinjam adalah https://pinjam.co.id.

UangTeman

UangTeman adalah aplikasi berbasis web dan android yang menyediakan solusi pinjaman online untuk segala kebutuhan Anda.  UangTeman juga menawarkan kepada Anda untuk menjadi investor dengan sistem yang menguntungkan. UangTeman didirikan oleh perusahaan yang bernama PT Digital Alpha Indonesia pada tahun 2015.  Aplikasi UangTeman sudah terdaftar dan diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs UangTeman adalah https://uangteman.com. 

Kredivo

Kredivo adalah aplikasi berbasis web dan android yang menyediakan layanan berbelanja online dengan sistem kredit pada berbagai merchant.  Jadi Anda belanja barang tapi Kredivo yang lunaskan.  Anda kemudian tinggal mengangsur kepada Kredivo.  Kredivo sudah bekerja sama dengan berbagai merchant ternama seperti Bhinneka, Lazada, Bukalapak, Sepulsa, Oktagon dan masih banyak lagi. Kredivo didirikan tahun 2017 oleh sebuah perusahaan startup digital bernama FinAccel. Untuk pinjaman online, Kredivo sudah bekerja sama dengan perusahaan leasing BFI Finance untuk menyalurkan dana pinjaman online.  Namun, hingga tulisan ini dibuat, Kredivo belum terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs Kredivo adalah https://kredivo.com. 

Akulaku

AkuLaku adalah aplikasi berbasis web dan android yang menawarkan kepada Anda solusi berbelanja online secara kredit.  Kredit belanja online yang disediakan hingga tenor 10 bulan.  Produk yang ditawarkan di AkuLaku adalah produk peralatan digital merek ternama seperti Samsung, Asus, Apple, LG, Acer, dan masih banyak lagi.   Aplikasi AkuLaku diluncurkan pada tahun 2016.  Hingga tulisan ini dibuat, Aplikasi AkuLaku belum terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs AkuLaku adalah https://www.akulaku.com dan aplikasinya dapat didownload di Google Playstore dan Apple Playstore.

Cicil

Cicil adalah aplikasi berbasis web yang memberi layanan kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk membeli barang kesukaan secara kredit tanpa menggunakan kartu kredit.  Barang yang bisa dibeli bebas dari situs mana saja sepanjang sudah terhubung dengan internet, misalnya barang-barang di Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi.  Hingga tulisan ini dibuat, Cicil belum terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Cicil diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan yang bernama PT Cicil Solusi Mitra Teknologi.  Alamat situs Cicil adalah https://www.cicil.co.id. 

DanaBijak

DanaBijak adalah aplikasi berbasis web yang menawarkan layanan pinjaman online kepada Anda.  Limit dan tenor kredit masih berskala mikro.  DanaBijak diluncurkan pada tahun 2017 oleh PT Digital Micro Indonesia.  Kantor DanaBijak beralamat di Jakarta. Saat tulisan ini dibuat, DanaBijak belum terdaftar secara resmi pada badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Adapun alamat situs DanaBijak adalah www.danabijak.com. 

Gerai Dana Cepat (GDC)

Gerai Dana Cepat (GDC) adalah aplikasi berbasis web dan android yang menawarkan pinjaman online kepada Anda.  GDC telah berdiri sejak  1 Mei 2011, dan saat ini telah mempunyai 12 Outlet yang tersebar di 5 Kota yaitu Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Jombang, dan Tangerang. GDC didirikan dengan tujuan untuk membantu masyarakat Indonesia yang hendak membutuhkan dana (baik menggunakan Jaminan BPKB, Sertifikat maupun Tanpa Agunan). GDC dalam memberikan layanan Finansial, bermitra dengan Perusahaan Leasing/Finance, Bank Perkreditan Rakyat dan Lembaga Keuangan Lainnya.  Hingga tulisan ini dibuat, Gerai Dana Cepat belum terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan.
Selain bergerak di bidang Finansial Teknologi, di Tahun 2016 ini melalui GDC Mobile, GDC juga memberikan Layanan Penjualan Otomotif Kendaraan Baru (Sepeda Motor dan Mobil). Layanan ini juga menyajikan Fitur Tunai dan Kredit.  Alamat situs GeraiDanaCepat adalah www.gdc.co.id. 

KreditCepat

KreditCepat adalah aplikasi berbasis web yang menawarkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan  kapada Anda secara online.  Pencairan pinjaman akan langsung dikirim ke rekening bank Anda dalam waktu 24 jam.  Kredit Cepat diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan bernama PT Credo Data Indonesia.  Hingga tulisan ini dibuat, KreditCepat belum terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan.  Alamat situs KreditCepat adalah https://kreditcepat.id. 

Investree

Investree adalah aplikasi berbasis web yang menawarkan cara baru yang revolusioner untuk menghubungkan pemberi pinjaman online (investor) dan pemohon pinjaman online (borrower). Dengan menghubungkan investor yang ingin memperoleh return terbaik dan borrower yang membutuhkan pinjaman berbunga kompetitif dalam sebuah marketplace, Investree sebagai pionir penyedia layanan Peer-to-Peer (P2P) lending marketplace di Indonesia akan membantu keduanya mendapatkan deal yang lebih baik untuk meraih tujuan finansial secara efektif dan efisien.  Investree diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan berbadan hukum bernama PT Investree Radhika Jaya.  Investree sudah terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berada dalam pengawasan resmi OJK.  Alamat situs Investree adalah https://www.investree.id. 

Modalku

Modalku adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan platform peer-to-peer (P2P) lending untuk mempertemukan para pemberi pinjaman (investor) dengan para pencari pinjaman (borrower) dengan prinsip saling menguntungkan. Pinjaman online Modalku difokuskan pada para pelaku usaha kecil dan mikro.  Modalku diluncurkan pada tahun 2015 oleh perusahaan bernama PT Mitrausaha Indonesia Grup dengan Co-Founder Reynold Wijaya peraih gelar dobel master degree dari universitas ternama dunia.  Modalku menjadi salah satu situs Fintech terbaik dunia dari 250 Fintech di tahun 2017.  Modalku sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs Modalku adalah https://modalku.co.id. 

KoinWorks

KoinWorks adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan platform P2P Lending untuk menjembatani para pemberi pinjaman (investor) dengan para pencari pinjaman (borrower).  Investasi paling sedikit mulai Rp100.000, dan pinjaman online tanpa agunan bukan bank dengan jumlah menyesuaikan.  Ada 3 jenis pinjaman di situs KoinWorks yaitu Koin Pintar, Koin Bisnis dan Koin Sehat.  KoinWorks sendiri diluncurkan pada tahun 2015 dan sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa  Keuangan (OJK).  Alamat situs KoinWorks adalah https://www.koinworks.com. 

Crowdo

Crowdo adalah aplikasi berbasis web dan android yang menggunakan platform P2P lending dan crowdfunding untuk mempertemukan para investor dari seluruh dunia dan para peminjam lokal.  Untuk bisa menjadi peminjam (debitur), Anda harus memiliki perusahaan berbadan hukum atau wajib pajak Indonesia.  Crowdo merupakan perusahaan financial technology regional yang diluncurkan pada tahun 2017 oleh perusahaan PT Crowdonomic Media Pte Ltd.  Crowdo dikembangkan oleh Leo Shimada.  Crowdo sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs Crowdo adalah https://crowdo.co.id.  

Taralite

Taralite adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan platform P2P Lending di mana Anda dapat memperoleh pinjaman multiguna dan modal usaha dengan sistem bunga flat 0,9%. Taralite diluncurkan pada tahun 2017 oleh perusahaan PT Indonusa Bara Sejahtera yang berlokasi di Jakarta. Partner Taralite sudah terkenal seperti Matahari Mall, Tokopedia, AiryRooms, Lazada, Gojek, dan masih banyak lagi lainnya.  Situs Taralite sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs Taralite adalah https://www.taralite.com. 

KlikACC

KlikACC adalah aplikasi keuangan berbasis web yang menggunakan platform P2P lending di mana Anda bisa meminjam dana dari para investor lewat situs KlikACC.  Situs KlikACC sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs KlikACC adalah www.klikacc.com. 

Akseleran

Akseleran adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan platform crowdfunding di mana para pelaku usaha UKM dapat mengajukan tambahan modal lewat mekanisme penggalangan dana.  Kompensasi dari para investor di Akseleran akan mendapat saham kepemilikan pada usaha yang didanainya.  Startup keuangan digital ini diluncurkan oleh perusahaan bernama PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia pada tahun 2017.  Hingga tulisan ini dibuat, Akseleran belum terdaftar dan belum diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs Akseleran adalah https://www.akseleran.com. 

GandengTangan

GandengTangan merupakan apliksi berbasis web yang menggunakan platform crowdlending untuk mempertemukan para pemilik modal yang berjiwa sosial dengan para pelaku usaha UKM yang membutuhkan modal usaha. GandengTangan diluncurkan oleh perusahaan nirlaba GandengTangan.org pada tahun 2017. GandengTangan merupakan Salah satu startup financial technology yang didirikan oleh Dhini Hidayati dan Nur Roni Dinnurohman.  Hingga tulisan ini dibuat, GandengTangan belum terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs GandengTangan adalah www.gandengtangan.org. 

DanaDidik

DanaDidik adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan platform donasi crowdfunding yang mempertemukan para pemilik dana dengan para mahsiswa peminjam dana.  Sistem penggalangan dana untuk pendidikan mahasiswa ini berbeda dengan beasiswa pada umumnya meskipun tidak dikenakan bunga alias 0%. Hanya saja mahasiswa peminjam dana dikenakan sistem bagi hasil (Syariah) dengan investor pada saat jatuh tempo pengembalian pinjaman.  Investor di sini lebih ke arah memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk memajukan pendidikan di Indonesia.  DanaDidik sudah terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs DanaDidik adalah www.danadidik.com. 

DoctorRupiah

DoctorRupiah adalah aplikasi keuangan berbasis web yang menawarkan pinjaman kepada Anda dengan bunga kompetitif.  Transaksi dalam DoctorRupiah 100% online.  Para peminjam masih terbatas di wilayah Jabodetabek. DoctorRupiah diluncurkan pada tahun 2017. Hingga tulisan ini dibuat, DoctorRupiah belum terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs DoctorRupiah di https://drrupiah.com

Mekar

The last but not least dalam daftar 21 situs penyedia pinjaman online adalah Mekar.  Aplikasi Mekar adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan platform P2P lending yang bisa membantu para pelaku bisnis untuk mendapat pinjaman modal usaha.  Mekar lebih menitikberatkan pada penggalangan dana investasi online yakni mencari para investor untuk menanamkan dananya pada Mekar, untuk kemudian disalurkan dalam bentuk pinjaman kepada para pelaku usaha UKM di bawah naungan mitra resmi Mekar seperti Koperasi Simpan Pinjam dan Bank Sampoerna.  
Para pelaku bisnis UKM tersebut tersebar di seluruh Indonesia. Apabila Anda ingin meminjam dana di Mekar, Anda bisa mengunjungi mitra resmi Mekar di Koperasi Simpan Pinjam dan cabang-cabang Bank Sampoerna di seluruh Indonesia.  Aplikasi keuangan online ini dimiliki dan disponsori penuh oleh Putera Sampoerna Foundation.  Hingga tulisan ini dibuat, Mekar belum terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Alamat situs Mekar adalah https://mekar.id.


EmoticonEmoticon