Sabtu, 02 Juni 2018

Selayang Pandang Digital Entrepreneur

Tags



Anda punya produk buatan sendiri dan akan memasarkannya menggunakan website dan media sosial? Atau Anda punya jasa keahlian tertentu tapi belum mempunyai jaringan pemasaran di internet?  Atau Anda punya ide kreatif lalu mewujudkan ide tersebut dan memanfaatkan social media untuk memasarkannya?  Atau Anda seorang pebisnis yang menerima produk dan jasa dari pihak lain untuk dibantu pemasarannya (reseller atau droshipper)?  Atau Anda seseorang yang mampu menyediakan tempat berjualan di dunia maya yang dapat menampung jutaan produk/jasa seperti Tokopedia dan Bukalapak? Atau Anda punya hobi merekam suatu peristiwa menarik atau langka untuk dipromosikannya lewat youtube atau video blog (vlog)?  Atau Anda punya kegemaran menulis artikel sehingga menjadi seorang blogger adsense?  Atau Anda seorang praktisi Internet Marketing yang suka menjual aplikasi software komputer dan aplikasi game berbasis android serta produk-produk lainnya di situs-situs top dunia semacam Amazon, eBay dan Alibaba? Berbagai pertanyaan di atas merupakan selayang pandang atau gambaran dari apa yang disebut pengusaha digital (digital entrepeneur atau disingkat dPreneur). Semakin Anda bisa menjawabnya, maka semakin dekat Anda untuk menjadi seorang pengusaha digital (digital entrepreneur). 

Seiring berjalannya waktu akan semakin banyak orang yang akan merambah dunia bisnis online. Pengusaha digital atau online sebut saja Jack Ma, Mark Zuckerberg, dan Dian Umbara merupakan beberapa contoh pengusaha digital yang sukses merambah bisnis online.  Ketekunan dan kerja keras menjadi modal utama untuk sukses di bidang ini.  Rerata penghasilan yang bisa didapat dari bisnis online memang di atas penghasilan para pegawai kantoran.  Karena itu, tidak sedikit karyawan yang resign dari perusahaannya hanya untuk menekuni bisnis digital ini.  Pengusaha digital tidak ada yang langsung sukses besar, pasti diawali dengan usaha, dan kerja keras.  Tidak sedikit pula pengusaha digital mengalami kegagalan dan kebangkrutan.  Seperti kata pepatah, tidak penting berapa kali Anda gagal, tapi yang lebih penting berapa kali Anda bangkit.

Oleh karena itu, banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berkecimpung di dunia bisnis digital.  Persiapan tersebut tidak lain agar Anda bisa sukses  menjadi dPreneur.  Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipelajari dan dipersiapkan, antara lain membuat list ide bisnis yang akan dibuat online, mempelajari cara membuat akun media sosial dan cara berpromosi, mempelajari pembuatan website yang menarik dan responsif, bagaimana cara meningkatkan trafik pengunjung situs/toko online, mempelajari teknik SEO agar toko/situs online kita berada di halaman pertama mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo), melakukan blog walking untuk menambah wawasan dari topik bisnis online yang akan ditangani, menguasai riset kata kunci, melakukan survey pasar untuk mengetahui potensi permintaan, mencari supplier yang mau diajak kerja sama, dan mempersiapkan sumber daya finansial seperlunya untuk modal awal bisnis online.  Setelah mempelajari hal-hal tersebut di atas, segera lakukan aksi, jangan hanya diam saja.  Pebisnis yang sukses adalah rajin dan selalu bangkit dari kegagalan. Bagaimana mau sukses, memulai bisnis saja belum dilaksanakan.  Pebisnis yang sukses memiliki sifat ramah dan terbuka terhadap ide-ide baru. Demikian artikel semua tentang pengusaha digital ini dibuat, semoga bermanfaat untuk Anda yang mempunyai cita-cita ingin menjadi pengusaha online yang sukses.


EmoticonEmoticon