02 Juni 2018

Mengenal Rasio Keuangan



Bagi Anda yang suka berbisnis atau berinvestasi di sektor apapun, sangat perlu mengenal rasio-rasio keuangan yang relevan dalam rangka mengambil keputusan keuangan yang presisi agar memperoleh tingkat keuntungan yang diharapkan dalam jangka panjang. Rasio-rasio keuangan juga berguna bagi para pemilik perusahaan untuk memahami kondisi keuangan perusahaannya. Rasio-rasio keuangan yang akan disajikan di sini meliputi Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Equity Ratio (DER), Total Debt to Total Asset, Profit Margin, Return on Equity (ROE), Return on Investment (ROI), Price Earning Ratio (PER), Earning per Share, Book Value, dan Price to Book Value (PBV). 

Current Ratio 

Current ratio adalah rasio yang membandingkan antara aktiva lancar dengan utang lancar. Semakin tinggi angka rasio ini, menggambarkan semakin sehatnya kondisi keuangan suatu entitas bisnis. Rumus Current Ratio adalah : 

Aktiva Lancar 
________________ 

Utang Lancar 

Quick Ratio 

Quick Ratio adalah rasio yang membandingkan antara kas ditambah piutang dan persediaan barang dengan utang lancar. Semakin tinggi angka rasio ini, semakin sehat kondisi keuangan perusahaannya. Rumus Quick Ratio adalah : 

Kas + Piutang + Persediaan Barang 
____________________________ 

Utang Lancar 

Debt to Equity Ratio 

Debt to Equity Ratio adalah rasio yang membandingkan antara utang dengan modal perusahaan. Semakin kecil angkaa rasio ini maka semakin sehat kondisi keuangan perusahaan tersebut. Rumus Debt to Equity Ratio adalah : 

Total Utang 
____________ 

Modal Ekuitas 

Debt to Total Asset Ratio 

Debt to Total Asset Ratio adalah rasio yang membandingkan antara utang dengan aset. Semakin kecil angka rasio ini maka semakin sehat kondisi keuangan perusahaannya. Rumus Debt to Total Asset adalah : 

Utang 
________ 

Total Aset 

Profit Margin Ratio 

Profit margin ratio adalah rasio yang membandingkan antara laba bersih dengan penjualan. Semakin tinggi angka rasio ini makin menunjukan tingkat kesehatan keuangan yang lebih baik. Rumus profit margin ratio adalah : 

Laba bersih 
____________ 

Penjualan 

Return on Equity (ROE) Ratio 

Return on Equity Ratio adalah rasio yang membandingkan antara laba bersih dengan modal ekuitas. Semakin tinggi angka rasio ini makin menunjukan kondisi keuangan yang lebih baik. Rumus ROE adalah : 

Laba Bersih 
_____________ 

Ekuitas
 
Return on Investment (ROI) Ratio 

Return on Investment (ROI) adalah rasio yang membandingkan antara laba bersih dengan nilai investasi yang ditanamkan pada suatu proyek bisnis. Semakin tinggi angka rasio ini makin menunjukan tingkat kesehatan keuangan yang lebih baik. Rumus ROI adalah : 

Laba Bersih 
___________ 

Nilai Investasi
 
Earning Per Share (EPS) Ratio 

Earning per Share ratio adalah rasio yang menggambarkan laba per lembar saham yang diperoleh suatu entitas bisnis. Semakin tinggi angka rasio ini makin menunjukan tingkat kesehatan keuangan suatu entitas bisnis. Rumus EPS adalah : 

Laba Bersih 
___________ 

Total lembar saham
 
Price Earning Ratio (PER) 

Price Earning Ratio adalah rasio yang membandingkan antara harga saham dengan tingkat laba per lembar saham. Semakin kecil angka rasio ini makin menunjukan tingkat kesehatan keuangan yang lebih baik. Dengan kata lain apabila laba per lembar saham lebih tinggi dari harga saham maka semakin bagus keuangan perusahaan tersebut. Rumus PER adalah : 

Harga saham 
_______________ 

Earning per share 

Book Value 

Book value adalah nilai buku saham yang diperoleh dari perbandingan antara total dana pemegang saham dengan jumlah lembar saham. Rumus Book Value adalah : 

Total Dana Pemegang Saham 
__________________________ 

Total lembar saham 

Price to Book Value (PBV) Ratio 

Price to Book Value Ratio adalah raiso yang membandingkan antara harga saham dengan nilai buku saham. Makin tinggi angka rasio ini maka semakin baik kondisi keuangan entitas bisnis tersebut. Rumus PBV adalah : 

Harga saham 
______________ 

Book Value

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon